SUARATERKINI, Manggar – Kantor Cabang PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) Cabang Palembang menyelenggarakan seleksi penerimaan calon karyawan di gedung Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (DTKKUKM) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Selasa (6/7). Acara Seleksi ini akan dilaksanakan selama 4 hari mulai dari 6 Juli hingga 9 Juli mendatang.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, DTKKUKM Beltim Halifa menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan rekrutmen yang diselenggarakan Alfamart. Sebelumnya belum pernah ada perusahaan yang melibatkan DTKKUKM untuk rekrutmen pekerja.

“Baru Alfamart yang kerjasama dengan kita, sebelumnya perusahaan-perusahaan lain yang ada di Beltim tidak pernah melibatkan DTKKUKM untuk rekrutmen, kita cuma diberitahu laporannya saja,” ujar Halifa.

Menurutnya, untuk Alfamart ini karena mereka dari Palembang dan belum terlalu mengerti dengan lokasi di Beltim sehingga mereka minta difasilitasi untuk penyebaran brosur, gedung untuk pelaksanaan tes, serta para pencari kerjanya.

Halifa menuturkan, bahwa pemberian kesempatan kepada putra-putri daerah Beltim ini dapat mengurangi angka pengangguran di masa Pandemi Covid-19 ini.

“Harapannya dengan adanya rekrutmen ini, bisa mengurangi angka pengangguran, karena selama pandemi banyak yang dirumahkan,” lanjutnya.

Angka pengangguran 100% meningkat dibanding sebelumnya yang cuma 1.000 lebih, sekarang sudah 2.600 orang.

Pihaknya berharap dengan adanya rekrutment dari alfamart ini kita bisa mengurangi angka itu.

“Proses seleksi tes pun dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan protokol kesehatan COVID-19 yang berlaku,” tambahnya.

Departemen Human Capital Alfamart Bagian Rekrutmen Fadel Muhamad menjelaskan pihaknya saat ini membuka posisi crew store yaitu pramuniaga dan kasir yang nantinya akan ditempatkan pada gerai Alfamart di 5 titik lokasi di Beltim yaitu Damar, Manggar, Kelapa Kampit, Gantung, dan Simpang pesak.

“Antusiasme pencari kerja di Beltim pada hari pertama sangat bagus. Pelaksanaan tes yang rencananya dijadwalkan 2 sesi, diubah menjadi 1 sesi karena peserta sudah tiba di tempat saat sesi pertama akan dimulai,” katanya.

Pihaknya berharap dengan dibukanya alfamart di Beltim dalat mempekerjakan putra putri daerah asli Beltim.

“Harapannya, dengan akan dibukanya toko di Belitung timur kita akan mendapatkan putra-putri daerah asli Beltim yang kita pekerjakan” tutupnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here