SUARATERKINI, Tanjungpandan – Demi meningkatkan sektor perikanan di Kabupaten Belitung Timur, wakil rakyat dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Belitung Timur mengunjungi Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan pada Selasa (6/7).

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung Timur, Rohalba,S.Pt. dan staf Sekretariat DPRD Kabupaten Belitung Timur.

Menurut Sub Koordinator Operasional Pelabuhan, Darya, yang mewakili Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara, kunjungan tersebut dalam rangka konsultasi dan koordinasi berkenaan dengan peran PPN Tanjungpandan terhadap optimalisasi potensi sumberdaya perikanan.

“Beberapa saran dalam meningkatkan sektor perikanan di Beltim, dapat mengoptimalisasikan tempat pelelangan ikan (TPI) melalui sistem lelang ikan online untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan data yang akurat,” ujar Darya.

Ia melanjutkan, saran lainnya adalah dengan menertibkan aturan terkait kapal izin daerah sehingga memberi pemasukan lebih bagi daerah.

“Pemda Beltim juga harus melakukan penertiban perjanjian kapal ijin daerah,” tambahnya.

Selainitu menurutnya, TPI juga harus memiliki sarana dan prasaran yang optimal untuk menunjang operasionalnya secara maksimal.

“Perbaikan sarana dan prasarana juga sangat penting untuk menunjang operasional TPI secara optimal,” tutupnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here