SUARATERKINI, Tanjungpandan – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung berkomitmen untuk memperkuat ketahanan diri remaja dari bahaya narkoba. Untuk itu, BNNK Belitung membentuk Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika.

Sejumlah 10 pelajar dari SMA dan SMK sederajat di Kabupaten Belitung dibekali berbagai materi ketahanan diri, guna membentuk Remaja Teman Sebaya Anti Narkoba.

“Ini Program Prioritas Nasional yang merupakan terobosan baru, untuk membentuk ketahanan diri remaja,” kata Kepala BNN Kabupaten Belitung Nasrudin, Minggu (29/08).

Nasrudin berharap 10 siswa atau pelajar yang merupakan “Role Model” tersebut diharapkan memiliki ketahanan diri, kekuatan menolak, untuk tidak mencoba-coba menyalahgunakan narkoba.

Pembentukan ini dimaksudkan menghadirkan tipe, gaya remaja masa kini, mereka dibekali berbagai materi.

“Salah satu materinya tentang hukum, terkait dengan narkoba, dan kesadaran diri remaja dalam menghadapi War On Drugs (perang melawan narkoba),” jelasnya.

Nasrudin melanjutkan, bahwa nanti diharapkan akan muncul gambaran remaja teman sebaya anti narkoba di Kabupaten Belitung, yang memiliki ketangguhan pribadi, moral, sosial, pikiran dan lain-lainnya untuk menolak narkoba.

“Remaja itu bisa menjadi role model atau teladan yang baik atas teman-teman sebaya mereka yang lainnya,” bebernya.

Pihaknya juga menyebutkan agar program ini mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah, khususnya Dinas terkait agar ikut bersinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan Remaja Anti Narkoba.

“Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dispora bisa terus bersinergi dalam membentuk remaja produktif, inovatif sehingga jauh dari rayuan atau bisikan untuk menyalahgunakan narkoba,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Nasrudin, saat ini pembentukan Remaja Teman Sebaya Anti Narkoba sedang berlangsung, dan pertemuan mereka seminggu bisa 2 kali pertemuan.

“Perkiraan minggu kedua september sudah selesai, dan mereka bisa langsung membantu BNN menularkan penolakan terhadap narkoba terkhusus lingkungan sekolah dan teman sebaya mereka,” tandasnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here