SUARATERKINI, Tanjungpandan – Tiga Kecamatan di Kabupaten Belitung, yaitu Kecamatan Tanjungpandan, Kec. Badau, dan KEc. Sijuk, termasuk dalam tiga kecamatan yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Belitung.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Belitung, Hendri Suzanto ketika memberi pernyataan terkait peta kerawanan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah kabupaten Belitung, kepada wartawan.

Ia mengatakan hampir di setiap lahan kering di sekitar Belitung rawan kebakaran. “Namun yang paling rawan yaitu di lahan gambut di desa juru sebrang (Tj. Pandan) dan di Tanjung Kelayang (Sijuk). Lahan gambut apabila terbakar, sulit dipadamkan, karena diatasnya sudah padam, namun bara dibawah gambut masih ada sehingga apabila tertiup angin mudah memicu api kembali,” katanya kepada wartawan, Selasa (2/3)

Ditambahkannya, lahan gambut tersebut pernah terbakar dan upaya untuk memadamkannya sampai 2 hari 2 malam. Ia menambahkan, kecamatan yang paling rawan kebakaran yaitu Kec Sijuk, Kec. Badau dan Kec. Tanjungpandan. “Sementara Kecamatan Membalong agak ringan walaupun juga masih ada lahan yang mudah terbakar,” tambahnya.

Selama Februari 2021 pihaknya mencatat ada sembilan kali kejadian kebakaran hutan dan lahan. Dari sembilan kebakaran tersebut, ada delapan kejadian kebakaran lahan kering dan satu kejadian kebakaran rumah penduduk di Jl. Bicong, Air Rayak. “Sementara pada Januari belum ada kebakaran sama sekali,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya dalam satu minggu melakukan dua kali patroli di daerah Badau, Sijuk, dan Tanjungpandan. “Mengimbau agar masyarakat peduli dalam mencegah terjadinya kebakaran dengan tidak menyalakan api, membakar sampah sembarangan, membuka lahan pertanian dengan cara dibakar, maupun menyalakan peralatan listrik secara serampangan,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini cuaca susah diprediksi, ketika di DKI Jakarta dan daerah lain intensitas hujan tinggi, disini panas, masyarakat harus perhatikan agar jangan bermain korek api, ibu-ibu juga dihimbau agar aktivitasnya di dapur dipastikan aman dan api benar-benar sudah padam ketika selesai masak.

“Begitu juga bagi mereka yang merokok, melemparkan puntung yang masih menyala ke rumput yang mudah terbakar bisa micu kebakaran. Bahkan dalam suasana panas terik seperti ini, pancaran sinar matahari ke botol juga bisa membakar rumput,” tutupnya. (willy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here