SUARATERKINI, Jakarta – Sebagai bentuk apresiasi kepada para wisudawan angkatan penerima beasiswa pertama, Yamaoka Scholarship Foundation menggelar acara wisuda dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan serta social distancing di kantor PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) di Depok, Sabtu (26/9/20).

Acara wisuda dihadiri oleh perwakilan Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA), perwakilan dari Universitas Darma Persada (Unsada), serta Kai Yasuda, Presiden Direktur PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN).

Pesan video untuk acara wisuda juga dikirim oleh Nobuyoshi Fujita selaku Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation sebagai pengganti kehadiran beliau pada acara tersebut.

Nobuyoshi Fujita, Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation, berharap beasiswa ini dapat membantu para siswa untuk terus berkarya dan berprestasi di masa depan.

Dikesempatan yang sama, Kai Yasuda, Presiden Direktur PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) menyatakan bahwa “pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat YADIN untuk memberikan yang terbaik bagi para pemangku kepentingan kami, termasuk para penerima beasiswa yang telah lulus tahun ini.

Atas pertimbangan keselamatan bersama, perayaan tahun ini diadakan dengan cara yang berbeda, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat kami dalam merayakan prestasi luar biasa para siswa.”

Kegiatan ini sejalan dengan visi perusahaan kami, yakni membuat masa depan yang berkelanjutan. Kami percaya, siswa yang merupakan penerus masa depan perlu kita dukung untuk membuat dunia yang lebih baik.

Kami sangat berharap kegiatan ini memiliki dampak positif bagi setiap pemangku kepentingan terutama bagi para siswa yang menerima beasiswa.” tambahnya.

Sebagai informasi, kelima wisudawan penerima beasiswa merupakan mahasiswa dari Universitas Darma Persada (Unsada). Mereka telah menerima beasiswa selama 2 tahun dengan menerima bantuan tunai sejumlah 1 juta rupiah setiap bulan.

Selain Universitas Darma Persada (Unsada), Yamaoka Scholarship Foundation juga bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) sejak tahun 2019 untuk mendukung para mahasiswa melalui beasiswa.

Perjalanan Yamaoka Scholarship Foundation dalam memberikan bantuan beasiswa untuk mahasiswa di Indonesia dimulai pada saat peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang tahun 2018 dalam rangka membentuk sistem pendukung untuk universitas di Indonesia.

Yamaoka Scholarship Foundation dibentuk oleh Magokichi Yamaoka, pendiri dari Yanmar Co., Ltd. dengan menggunakan aset pribadinya.

Di Jepang, Yamaoka Scholarship Foundation menyediakan dan mengelola beasiswa untuk tingkat SMA, pasca sarjana dan mahasiswa asing yang terlibat dalam penelitian tentang pengetahuan alam.

Sejak 2013, program beasiswa ini juga telah aktif di Asia Tenggara. Di Indonesia, program ini menawarkan beasiswa akademik kepada siswa SMP di Jakarta dan Surabaya untuk melanjutkan pelatihan sepak bola sambil bersekolah, dan memberikan kesempatan kepada beberapa siswa beruntung untuk menekuni karir di bidang sepak bola profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here