SUARATERKINI, Depok – SMK Tunas Media melaksanakan Sosialisasi Literasi Media yang diikuti oleh siswa/siswi kelas X sebanyak 100 orang, di Aula Mushola SMK Tunas Media, Sawangan, Depok, Rabu ( 19/11).

Sosialisasi dihadiri Wakil Kepala Sekolah SMK Tunas Media, Asep Lukman Arip Hidayat, S.Kom. dan narasumber dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Linda Islami, MSi, Mira Herlina, MIKom, Indah Suryawati, M.Si dan M. Syaid Agustiar, S. sos, MIKom.

Adapun maksud dan tujuan di adakanyan kegiatan Literasi Media untuk membantu para siswa agara memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang isi media.

Ditemui ditempat terpisah, Ketua Yayasan SMK Tunas Media, Novebri Krisnandaru Sasongko menyampaikan,” apresiasi atas terlaksananya kegiatan sosialisasi Literasi Media di sekolahnya.

Ia berharap, agar penggunaan Teknologi digunakan dengan hal yang lebih positif untuk pembelajaran dikalangan sekolah.

Teknologi informasi membutuhkan perkembangan yang pesat. Informasi ada dua yaitu positif dan negatif. Oleh sebab itu maka diberikan pemelajaran dan pemahaman kepada siswa/siswi agar lebih cermat dalam berkomunikasi, “ jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan literasi berarti cerdas memanfaatkan media sehingga siswa dapat memilah dan memilih agar bermanfaat bagi kalangan siswa.

Dengan adanya literasi ini perlu adanya pemahaman dan kontennya yang baru, karena kami ingin media ini menjadi wahana untuk meningkatkan kapasitas siswa, masyarakat pada umumnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Tunas Media, Asep Lukman Arip Hidayat, S.Kom mengatakan,” tujuan diadakan kegiatan literasi media yaitu untuk membantu para siswa agar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang isi media.

Literasi media juga bertujuan untuk menghasilkan masyarakat / public khususnya siswa kiranya dapat berpengetahuan luas serta dapat membuat penilaian terhadap konten media berdasarkan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap media yang bersangkutan seperti Media TV, Radio, Film, Koran, Majalah dan Media Internet/ Media Online.

Melalui literasi media ini diharapkan siswanya lebih cerdas, peka dan kritis dalam memahami fenomena pemberitaan media saat ini.

Selain itu, sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak dalam berkomunikasi, menggunakan internet yang sehat terhadap aturan teknologi sehingga anak-anak dapat memanfaatkan media dengan cerdas,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here