SUARATERKINI, Jakarta – Dalam situasi pandemi covid-19, USAHID kembali akan menggelar OSMARU (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) secara daring pada Sabtu, 11 September 2021, yang merupakan puncak dari rangkaian acara PRA OSMARU yang sudah dilaksanakan pada Sabtu, 4 September 2021.

Acara menyambut mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2021/2022 ini diikuti oleh lebih 600 mahasiswa baru dari 5 fakultas (D3 – S1) yaitu fakultas teknik, fakultas ekonomi & bisnis, fakultas ilmu komunikasi, fakultas hukum dan fakultas teknologi pangan kesehatan serta S2 & S3 magister manajemen, magister ilmu komunikasi & doctor ilmu komunikasi pascasarjana USAHID.

PRA OSMARU yang dihadiri mahasiswa baru gelombang 1, 2 dan 3 dimulai pada pukul 08.00 – 12.00 WIB dengan penayangan teaser welcome to Usahid diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Usahid. Rektor – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom didampingi para Wakil Rektor dalam sambutannya menyatakan melalui PRA OSMARU secara daring ini mahasiswa baru dapat mulai beradaptasi dan mendapat penjelasan (sosialisasi) mengenai metode pembelajaran distance learning yang menggunakan platform Edlink, sehingga mahasiswa dapat melakukan perkuliahan secara baik dan lancar yang akan dimulai pada 13 September 2021.

Universitas Sahid juga berperan aktif dalam Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. Pengenalan Kampus Merdeka & model belajar kreatif masa pandemi di Perguruan Tinggi juga disampaikan Bidang pembelajaran – Tanjung Prasetyo, SE.MM.

PRA OSMARU merupakan kegiatan pengenalan proses belajar di Universitas Sahid (USAHID), yang bertujuan agar mahasiswa baru USAHID dapat mengenal dan memahami USAHID sebagai suatu lingkungan akademis.

Selain itu tujuan OSMARU adalah menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, mempersiapkan mahasiswa baru agar mampu belajar mandiri serta mematuhi dan melaksanakan norma – norma yang berlaku di USAHID, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.

Serta menumbuhkan rasa persaudaraan di kalangan civitas akademika dalam menciptakan lingkungan yang nyaman, tertib, dan dinamis. Pengenalan Sistem Akademik dan Edukasi Keuangan selama kuliah disampaikan Direktur Administrasi Akademik – M. Sambas, SE.,MM dan Direktur Keuangan – Ester Dwi Wahyuni,SE,MM.

Dalam mempersiapkan mahasiswa baru agar memiliki motivasi, mental, pikiran dan mencapai seluruh proses perkuliahan secara optimal yang dituangkan dalam rencana strategis perkuliahan, dilaksanakan juga orientasi program studi.

Orientasi prodi berisi tentang pengenalan struktural fakultas dan prodi, learning outcome, kurikulum, testimoni alumni dan prestasi mahasiswa. Tujuan nya adalah agar mahasiswa baru dapat mempersiapkan diri sejak awal masuk dan dapat lulus menjadi sarjana secara tepat waktu dengan kompetensi yang baik.

Pola Ilmiah Pokok (PIP) Universitas Sahid yaitu Pariwisata dan Kewirausahaan juga disampaikan kepada mahasiswa baru pada PRA OSMARU 4 September 2021. Pada kesempatan ini Markplus mengisi sesi seminar dengan tema sesuai PIP yaitu Personal Branding dan Entrepreuneurial Marketing, disampaikan oleh Mr. Raditya Tanu Hutama (Client Engagement Consultant of MarkPlus Insitute).

Universitas Sahid telah bekerjasama dengan MarkPlus meliputi Pengembangan Sumberdaya Manusia, Penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi, Peningkatan Kapasitas kelembagaan, dan kegiatan lainnya. Salah satunya memfasilitasi Sertifikasi Kompetensi bagi Mahasiswa Universitas Sahid.

MarkPlus Institute merupakan omni-learning platform bagi Mahasiswa yang ingin mengembangkan diri dan berkompeten di bidang Marketing, Business, dan Entrepreneurship. MarkPlus menawarkan pelatihan berbasis e-learning dan omni-learning (online & in-class training).

Dalam penutupan PRA OSMARU Rektor Universitas Sahid – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom mengharapkan mahasiswa baru dapat belajar, berkarya, beraktivitas, dan berkreativitas dengan baik walaupun perkuliahan dilaksanakan secara daring. Contoh kreativitas dari mahasiswa baru adalah dengan diadakannya lomba twibbon, video unboxing dan video kreatif dalam rangkaian acara OSMARU Universitas Sahid yang akan diumumkan pemenangnya pada saat OSMARU 11 September 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here