Tingkatkan Kompetensi Guru dan Dosen Melalui Samsung Innovation Campus

Kompetensi

SUARATERKINI, Jakarta – Tingkatkan kompetensi pendidik, Samsung Electronics Indonesia menggelar program Teachers Training berupa inisiatif pelatihan khusus bagi guru dan dosen dalam program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 2023/2024.

Melalui inisiatif ini, para peserta Teachers Training akan dibekali keterampilan digital kekinian berupa coding & programming.

“Melalui kegiatan pelatihan keterampilan yang dibutuhkan industri saat ini kepada guru dan dosen akan memberikan fondasi yang kuat karena akan berimplikasi pada keseluruhan kegiatan belajar-mengajar, termasuk dalam konteks aplikasi secara praktis.

Selain itu, pelatihan ini juga dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi karier mereka,” ungkap Ennita Pramono selaku Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Sabtu (27/3/2024) lalu.

Ennita menambahkan, melalui program Teachers Training, para peserta akan mendapatkan beberapa materi, anatara lain:

• System Thinking: melihat hubungan antara berbagai elemen dalam lingkungan belajar dan interaksinya, merancang pengalaman belajar yang lebih terintegrasi dan efisien.

• Octalysis Tools: memadukan prinsip desain gamification dengan psikologi yang membantu guru menciptakan pembelajaran yang memikat, memotivasi, dan berkesan bagi siswa.

BACA JUGA:  Siemens Bekerjasama dengan Swiss German University untuk Peningkatan SDM

• Value Pyramid: mengidentifikasi, mengartikulasikan, dan mengkomunikasikan nilai-nilai inti pendidikan dengan lebih jelas dan persuasif, serta memperkuat hubungan dengan siswa.

• Eksplorasi situasi dengan Fishbone Diagram dan Tree Diagram: mengidentifikasi berbagai faktor penting dalam menghadapi tantangan dan peluang di dunia pendidikan.

Selanjutnya, para guru dan dosen juga diberikan kesempatan bertemu dengan para profesional dan pendidik lain yang memiliki minat yang sama, sehingga akan menjadi kesempatan untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan memperluas jaringan dalam komunitas pendidikan dan teknologi.

SIC adalah bentuk tanggung jawab sosial Samsung memberikan kebutuhan yang diperlukan anak muda menjadi talenta digital.

Program ini hadir untuk membantu anak muda dari SMA, SMK, Madrasah Aliyah, dan Universitas (D3/S1), dalam mengembangkan pengetahuan digital di bidang coding & programming, IoT dan AI melalui program pelatihan formal, termasuk Innovation Hackathon dan AI Bootcamps.