BINUS University Hadirkan Nusa Borobudur dalam Dunia Wisata Digital

BINUS University

SUARATERKINI, Jakarta – Fenomena Metaverse yang berkembang pesat telah menarik perhatian dunia pada abad ke-21. BINUS University, melalui kolaborasi dengan Nusameta, kini menghadirkan Nusa Borobudur sebagai platform Metaverse inklusif di Indonesia.

Proyek ini tidak hanya memberikan pengalaman virtual yang mendalam dan edukatif, tetapi juga mencerminkan komitmen BINUS dalam memanfaatkan teknologi untuk membawa pendidikan dan pariwisata ke era inovatif.

Nusa Borobudur, hasil kolaborasi antara BINUS University dan Nusameta, menawarkan pengalaman virtual mendalam dan edukatif. Inisiatif ini mencerminkan komitmen BINUS dalam menghadapi era digital serta membawa pendidikan dan pariwisata ke masa depan yang inovatif dan maju secara teknologi.

Acara TECH DAY kali ini menampilkan Talkshow “The Future of Metaverse: How to Feel Immersive Learning and Become Creator Economy”, yang membahas potensi Nusameta sebagai platform untuk pengalaman belajar yang imersif.

Peserta diberi pemahaman tentang bagaimana Nusameta dapat merevolusi cara kita belajar dan berinteraksi dengan konten pendidikan. Diskusi berfokus pada bagaimana Nusameta memungkinkan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif.

Peserta akan mempelajari berbagai contoh penerapan Metaverse dalam pendidikan, termasuk simulasi, tur virtual, dan pengajaran berbasis permainan. Selain itu, talkshow ini akan mengeksplorasi konsep ekonomi kreator di Metaverse, di mana individu dapat menjadi pencipta konten digital yang sukses dan menghasilkan pendapatan melalui platform-platform yang ada di Nusameta.

BACA JUGA:  Moving To The Normal Post COVID 19 : Kuwait Perspektif

Dengan langkah memanfaatkan teknologi dan kreativitas yang berbasis lokal, Nusameta dapat menciptakan pengalaman belajar yang membantu siswa membayangkan budaya dan tradisi dengan gaya mereka sendiri. Ini membuka pintu untuk memperdalam pemahaman tentang warisan budaya dan nilai-nilai tradisional dengan kearifan lokal.

Prof. Meyliana, Guru Besar Sistem Informasi BINUS University, menekankan bahwa keberadaan metaverse yang sedang berkembang tidak berpengaruh terlalu banyak pada fungsinya sebagai media pembelajaran. Pengalaman belajar yang imersif dan kaya dengan pengalaman jauh lebih menarik bagi para siswa dibandingkan dengan metode tradisional, Rabu (3/4/2024).

BINUS University melalui School of Information Systems berhasil menciptakan gebrakan baru dalam dunia pendidikan dan pariwisata dengan menghadirkan pengalaman unik menggunakan teknologi metaverse.

Pengalaman ini akan ditampilkan di Kampus Anggrek, BINUS @Kemanggisan, dalam “Showcasing Nusa Borobudur within The Early Testing of Nusameta Application” di acara Tech Day pada 3 April 2024.

School of Information Systems BINUS University menghadirkan Nusa Borobudur sebagai inovasi untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, memberikan pengalaman imersif, dan meningkatkan pemahaman tentang sejarah dan budaya lokal selama berwisata.

BACA JUGA:  Mahasiswa UNPAM Gelar Seminar Wirausaha Muda dalam Rangka PKM

Direktur Manajemen Industri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Syaifullah, melalui sambungan videonya menyatakan bahwa Nusa Borobudur di Nusameta dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan dan memperkuat keberagaman budaya Indonesia kepada siswa di seluruh negeri.

Ini dapat memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai budaya yang kaya dan merangsang minat dalam melestarikan dan mempromosikan keberagaman budaya Indonesia.

Prof. Meyliana juga menyatakan bahwa Nusa Borobudur adalah bukti kontribusi BINUS University sebagai kampus pertama yang hadir di platform metaverse Nusameta.

Kampus ini berkomitmen untuk mengembangkan berbagai use case metaverse yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Selain Nusa Borobudur, akan segera diluncurkan karya metaverse lainnya.

Proyek Nusa Borobudur merupakan hasil karya dari BINUSIAN, Ibu Siti Elda Hierera, seorang dosen di School of Information Systems yang sedang menempuh studi S3 di BINUS University.

Kolaborasi antara akademisi dan mahasiswa ini menciptakan inovasi yang memiliki nilai akademis dan dampak praktis yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman pariwisata digital di Indonesia.

Ibu Siti Elda Hierera menjelaskan bahwa Nusa Borobudur adalah penelitian dalam program disertasi mahasiswa S3 Doctor of Computer Science (DCS) BINUS University.

BACA JUGA:  Binus University Gelar iCOPE 2023

Penelitian ini berfokus pada meningkatkan pengalaman berwisata dengan menggunakan teknologi Metaverse, dengan melibatkan industri langsung yaitu Nusameta.

Diharapkan, Nusameta Borobudur dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih dalam dan interaktif bagi mahasiswa, serta akses pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Melalui ruang virtual dalam Metaverse, mahasiswa dapat menghadapi situasi mirip kehidupan nyata, memahami konsep kompleks, dan mempraktikkan keterampilan dalam lingkungan yang aman.

Kerjasama antara dosen dan mahasiswa dalam menciptakan konten Nusameta memberikan peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran dan pengembangan teknologi.

Nusameta diharapkan membantu mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk masa depan yang penuh tantangan dan berdaya saing di dunia kerja yang semakin terdigitalisasi.

Untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran berbasis teknologi terkini, BINUS @Kemanggisan sebagai Digital Technology Campus menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kemampuan mahasiswa dalam belajar.

Fasilitas tersebut meliputi Lab User Experience (UX), Lab Digital Industry, Lab AR/VR, Lab Building Information Modelling (BIM), Lab Game Application & Technology, Lab Macintosh, Lab Furniture, Lab Bahasa, Lab Civil Engineering, Lab Computer Engineering, dan berbagai macam Laboratorium lainnya yang dilengkapi dengan peralatan digital serta pendukungnya.