SUARATERKINI, Banten – Suka atau tidak suka, era kendaraan listrik memang sudah di depan mata. Geliat kendaraan listrik di Indonesia semakin tumbuh.

Hal itu dibuktikan oleh salah satu siswa kelas dua SMA 82 Jakarta yaitu De Ritz Brian Villano dengan membuat perakitan motor listrik Aotuo Electric Bike di Pergudangan Mutiara Kosambi, Tangerang, Banten.

Dianggap memiliki harga yang lebih terjangkau, hemat biaya sekaligus ramah lingkungan, penggunaan motor listrik diprediksi bisa semakin tumbuh,” ungkap De Ritz Brian Villano dalam acara seremoni kerjasama yang dilakukan Sabtu (19/12/2020), PT Alma Madani, diwakili oleh Direktur Utamanya, Riza Villano Satria Putra dan PT Trans Borneo Automotive, diwakili Joko Purwanto.

Brian mengungkapkan, pihaknya telah melakukan survei, di mana motor yang menggunakan bensin rata-rata memiliki biaya operasional sebesar Rp 300-400 ribu per bulan untuk beli bensin, oli, hingga busi.

Kalau motor listrik ini hanya membutuhkan biaya Rp 50-100 ribu per bulan untuk mengisi tenaganya. Motor listrik, kata Brian, tidak perlu bensin. Motor tersebut hanya perlu di-charge saja untuk mengisi tenaganya.

Sementara itu, Direktur PT Trans Borneo Automotive, Joko Purwanto, juga menyampaikan Aotuo Electric Bike memiliki beberapa keunggulan seperti garansi yang jelas diberikan di setiap unitnya.

“Motor listrik yang kami hadirkan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan motor listrik yang telah ada sebelumnya. Kami juga memberikan garansi untuk setiap pembelian motor listrik Aotuo,” tambah Joko.

Aotuo Electric Bike dirilis dalam empat model, yakni City Go, Star Light, Vision dan Vision Pro. Dari keempat model ini, beberapa di antaranya memiliki fitur berjalan mundur layaknya kendaraan roda empat.

Dengan demikian, pengendara tidak lagi repot-repot untuk mendorong motor dalam memarkirkan kendaraannya.

Secara spesifikasi, untuk model City Go dan Star Light produsen telah membekalinya dengan dinamo berkapasitas 60V/20 Ah 1000W. Sedangkan model Vision dan Vision Pro, memiliki kapasitas dinamo 72V/20 Ah 1000W.

Apabila baterai terisi penuh, motor ini mampu berjalan sejauh 80 kilometer atau dua jam perjalanan dan mampu berakselerasi hingga 60 kpj.

Aotuo Electric Bike merupakan sebuah merk motor listrik yang diproduksi oleh PT Yinzhong Aotuo Electric Technology.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here