SUARATERKINI, Manggar – Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memberikan bantuan berupa kursi roda dan tongkat penyangga jalan kepada sejumlah penyandang disabilitas. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Beltim Burhanudin di kantor Bupati, Selasa (15/6).

“Ini (kursi roda) adalah salah satu bentuk bantuan Pemda kepada masyarakat yang membutuhkan. Bantuan ini bukan sekedar seremonial, karena program ini saling terkait antara Dinas Dosial dan Dinas Kesehatan. Bagaimana tidak lagi ada ego sektoral antardinas dalam penanganan masalah-masalah di masyarakat,” jelas pria yang akrab disapa Aan ini.

Lebih lanjut menurut Aan, selain pembagian kursi roda yang salah satu program dinas sosial yang dikaitkan dengan dinas kesehatan, tahun ini pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat disabilitas untuk ikut dalam seleksi cpns.

Pemerintah daerah menurutnya, tidak hanya memperhatikan disabilitas, pelayanan publik lainnya pun tidak luput dari perhatian. “BPJS pun semua harus dapat, tidak melihat latar belakangnya. Selama mereka warga Beltim dan ber-KTP Beltim, semua berhak mendapatkan pelayanan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Beltim, Ida Lismawati mengatakan bahwa bantuan kursi roda bagi penyandang disabilitas murni dibiayai APBD.

Hal ini membuktikan adanya perhatian pemerintah daerah terhadap disabilitas yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial.

“Sebenarnya ini tahap awal, artinya masih ada lagi kontribusi Pemda kepada disabilitas, lansia, atau penderita penyakit,” ujar Ida.

Ida melanjutkan, pemerintah berharap bantuan dapat memicu kemandirian penyandang disabilitas. Minimal ketergantungan kepada masyarakat atau anggota keluarganya berkurang.

“Kita coba juga kemandirian secara ekonomi. Artinya kita akan membantu mereka meningkatkan keterampilan, kemudahan modal juga iya,” tukasnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here