SUARATERKINI, Manggar – Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin, membuka kegiatan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) bagi seluruh Satlinmas di Manggar, Rabu (16/6).

Burhanudin mengatakan, pihaknya ingin agar Satlinmas tidak lagi dianggap sebagai satuan yang tidak dipedulikan. Pihaknya ingin agar Satlinmas yang berada di bawah binaan Satpol PP ini tidak dibeda-bedakan dengan satuan lainnya.

“Keberadaan satuan perlindungan masyarakat (satlinmas) penting dalam memelihara keamanan  ketertiban umum, dan ketenteraman masyarakat,” ujar Burhanudin.

Berdasarkan Permendagri no. 26/2020, unsur pelaksana aktifitas ketertiban umum di tingkat kabupaten dilaksanakan satpol pp, sementara di desa dilaksanakan oleh satlinmas.

Burhanudin melanjutkan, kehadiran Satlinmas adalah sistem pertahanan negara terendah di tingkat desa untuk membantu keamanan dan ketertiban negara.

“Mereka ditunjuk dalam SK di bawah Satpol PP. Tugas mereka pasti dan jelas. Karena itu kepada seluruh masyarakat bila Satlinmas ada di tengah masyarakat harusnya merasa aman,” lanjut Burhanudin.

Pihaknya juga mengingatkan kepada Satlinmas agar paham mengenai berbagai aturan sehingga bisa juga mengedukasi masyarakat.

Terkait dengan jaman pandemi ini, ia juga meminta Satlinmas agar aktif mengedukasi warga agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kasat Pol PP Belitung Timur, Zikril mengatakan Satlinmas adalah ujung tombak perlindungan masyarakat.

Anggota Satlinmas, ujar Zikril, harus bisa bersinergi dengan kepala desa, RT, dan RW dalam sisi trantibum, sosial, gangguan ketertiban masyarakat, hingga soal kebencanaan.

“Ini hari pertama pembukaan binluh bersama Satlinmas seluruh Manggar. Besok dan seterusnya akan berlanjut ke Satlinmas setiap kecamatan di Belitung Timur,” ujar Zikril.

“Dua hal yang penting yaitu pertama lebih intens lagi mengingatkan masyarakat soal protokol kesehatan, dan memerintahkan agar membersihkan sampah plastik di titik publik di masing-masih wilayah tugas,” tutup Zikril. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here