SUARATERKINI, Tasikmalaya – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyambut baik Festival Lagu Pop Sunda Virtual yang diselenggarakan Badan Penghubung Jabar.

Hal itu diungkap Pak Uu -sapaan karib Uu Ruzhanul- saat Grand Final yang diikutinya secara daring dari Rumah Singgah Wagub Jabar di Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (13/8/2021).

“Saya mengapresiasi kegiatan kesenian Sunda khususnya musik pop sunda khas Jawa Barat,” ujar Uu Ruzhanul.

Menurutnya, seni suara yang indah apalagi dengan corak budaya yang khas merupakan potensi Jabar yang perlu dilestarikan. Budaya pop dalam tradisi sunda juga diharapkan bisa mempopulerkan bahasa daerah ke generasi muda. Pun nilai- nilai budaya sunda yang luhur yang terkandung dalam setiap lagu, juga dapat diserap oleh masyarakat.

“Mudah- mudahan dengan adanya kegiatan pop sunda bisa mempopulerkan kembali budaya dan bahasa Sunda khususnya,” harap Uu.

Kepala Badan Penghubung Jawa Barat Diana Ramadiany menuturkan kegiatan diselenggarakan memberikan ruang apresiasi terhadap para nonoman atau kawula muda yang mencintai seni budaya dengan membawakan tembang lagu pop sunda.

“Tujuannya untuk melestarikan salah satu seni Jawa Barat dalam bidang oleh vokal,” kata Diana.

Di tengah kecenderungan generasi muda lebih tertarik dengan budaya asing, menjadi tantangan dalam pelestarian budaya daerah. Oleh karena itu Badan Penghubung sebagai perangkat daerah Pemda Prov Jabar berinisiatif melakukan upaya melestarikan dan mempromosikan seni budaya sunda.

“Menyesuaikan pandemi COVID-19, maka disesuaikan penyelenggaraannya secara virtual berpusat di Anjungan Jabar di TMII,” katanya.

Kegiatan ini berlangsung dari 11 Juni sampai dengan hari ini 13 Agustus 2021. Mulai dari publikasi, pendaftaran peserta, penyampaian video tampilan peserta, tahap seleksi penilaian dari dewan juri, hingga hari ini puncaknya, atau grand final memperebutkan juara 1, 2, dan 3 baik untuk kategori pelajar dan umum.

“Grand Final untuk kategori pelajar, umum, dimeriahkan tampilan dari juara favorit berdasarkan jumlah ‘like’ terbanyak pemirsa channel Youtube Anjungan Jawa Barat TMII,” sebut Diana.

Dua peserta telah berhasil mendapatkan predikat Juara Favorit yakni M Raudia Sukma dari kategori umum, dan Kinanti Swastika dari kategori pelajar. Sementara grandfinalis yang bertarung hingga di laga terakhir pada kategori umum yakni Noval M Safari (Juara 1), Tiara Dwi Merianti (Juara 2), dan Alivia Mutiara Ayu (Juara 3).

Sementara para pemenang di kategori pelajar yakni Muhammad Faisya (Juara 1), Dzatih Yasmin N (Juara 2), dan Nurulloh Ramdani (Juara 3).

“Tiap juara akan mendapatkan trofi dan kadedeuh dari Gubernur Jawa Barat,” tambah Diana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here