SUARATERKINI, Jakarta,- Berbagai tindakan a moral banyak terjadi di tengah masyarakat, mulai dari bullying antar teman, Guru disekolah, sampai terakhir tindakan korupsi dana bantuan sosial (bansos) oleh tokoh atau oknum pimpinan, apa sih yang menyebabkan hal tersebut terjadi ? hal tersebut dikatakan Dosen Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) Yenny, M.Psi, Psikolog.

“Banyak faktor yang membuat manusia melakukan hal tersebut mulai dari agama, lingkungan, keluarga, teman, panutan sosial yang salah, kurang pendampingan, medsos, krisis moral dan banyak lainnya” ungkap Yenny dalam acara Webinar yang digelar Pusat pengembangan kompetensi pendidikan Tenaga Kependididikan dan Kejuruan P2KPTK2 Jakarta Barat bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (12/8).

Menurutnya, karakter merupakan salah satu solusi atas berbagai permasalahan sosial di Indonesia, untuk itu pendidikan katakter harus menkadi salah satu mata pelajaran wajib mulai dari tingkat oaling bawah hinga pergiruan tinggi.

“Pendidikan karakter atau pendidikan nilai-nilai tidak hanya sebagai mata pelajaran namun harus dipahami, dilakukan atau dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kemajuan teknologi di imbangi dengan karakter yang baik” jelasnya di depan guru guru se Jakarta Barat.

Oleh karenanya, lanjut Yenny yang juga Wakil Dekan Psikologi UMB, orang yang memiliki kompetensi namun tidak memiliki karakter akan menjadi masalah seperti halnya yang terjadi sekarang ini di Indonesia, “Kami berharap penguatan pendidikan karakter masuk dalam mata pelajaran, agar kedepan melahirkan generasi muda unggul, sehingga ketika menjadi pejabat atau pemimpin disegani tidak hanya oleh rakyatnya tapi dunia”, tambahnya. (ARM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here