SUARATERKINI, Jakarta – PT. Yanmar Diesel Indonesia merupakan anak perusahaan dari Yanmar Co., Ltd., sebuah produsen peralatan industri Jepang yang didirikan di Osaka, Jepang, meluncurkan alat panen gabungan model terbaru YH 850 yang merupakan Grain Tank Model (model tangki gabah).

Mesin pemanen gabungan YH 850 sangat disenangi oleh pasar Indonesia sejak diluncurkan pada Agustus 2017. Kali ini adalah pertama kalinya bagi Yanmar Diesel Indonesia untuk meluncurkan mesin pemanen gabungan dengan tangki gabah.

Yanmar terus berupaya dalam memberikan solusi untuk pertanian Indonesia. Dengan adanya Grain Tank Model (model tangki gabah) terbaru ini dengan salah satu combine harvester (mesin panen padi) paling populer kami YH 850, saya harap kami dapat membuat kerja petani Indonesia lebih efisien dan menguntungkan,” kata Mr. Kai Yasuda, Presiden Direktur PT. Yanmar Diesel Indonesia dalam keterangannya, Kamis (10/10/19).

Dijelaskan Kai Yasuda, mesin Panen Padi YH 850 tipe Tangki Gabah YH 850 Yanmar menggabungkan model tangki pemanen yang memungkinkan para petani untuk mengumpulkan tanaman padi dengan cara yang lebih efisien.

Pengguna dapat mengumpulkan tanaman padi tanpa sering berhenti dan khawatir kapan harus mengganti karung karena tangki memiliki kapasitas sebesar 1.670 liter dan juga mesin secara otomatis memberi tahu pengguna ketika tangki penuh.

Model ini dapat meminimalkan hilangnya waktu dan hasil panen dibandingkan dengan model standar yang mengharuskan karung diganti secara manual,” paparnya.

Beberapa fitur canggih pemanen gabungan YH 850 meliputi:

SMARTASSIST-Remote
SMARTASSIST-Remote memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi penting tentang unit mereka melalui fitur antarmuka pengguna intuitif yang bahkan dapat diakses dari smartphone.

Selain itu, terdapat juga fitur geolokasi yang memungkinkan operator untuk melihat secara tepat dimana peralatan mereka berada dan bagaimana kinerjanya. Teknologi ini juga dapat mengeluarkan peringatan ketika mesin beroperasi di luar parameter yang telah ditetapkan atau jika peralatan bergerak melampaui batas yang ditentukan.

Hasilnya tentu bisa mempersingkat waktu kerja, pendapatan lebih besar dan memberikan ketenangan pikiran bagi para petani. SMARTASSIST-Remote adalah standar untuk YH 850.

Mesin yang Kuat dan Hemat Bahan Bakar

Pemanen gabungan YH 850 dari Yanmar hadir dengan mesin diesel direct-injection TNV yang kuat dan efisien untuk menciptakan tenaga tinggi dengan konsumsi bahan bakar rendah dan daya tahan yang luar biasa.
Mesinnya menggabungkan beberapa fitur inovatif yang dapat meningkatkan kinerja, diantaranya adalah:
– Pompa injeksi bahan bakar Monoplunger menyemprotkan bahan bakar pada tekanan tinggi
– Memiliki bentuk ruang pembakaran yang unik untuk pembakaran yang lebih baik
YH 850 juga mengadopsi sistem transmisi terbaru yaitu Fulltime Drive System (FDS) yang membuat mesin terus menggerakkan kedua roda setiap saat untuk mempertahankan tenaga bahkan di medan berlumpur.

Sistem Rotor Ganda

YH 850 memilah biji-bijian dengan rotor depan dan rotor thresher (sistem rotor ganda). Rotor perontok dengan panjang 1.850mm dan diameter 640mm memproses perontokan lebih lama untuk menyaring bijibijian secara akurat.

Selain itu, pemisah pengayun besar dengan ukuran 1.410mm x 850mm dapat memisahkan biji-bijian dan jerami secara efisien bahkan dengan jumlah yang besar.

Beban Kerja Serbaguna

YH 850 sangat bagus untuk digunakan di sawah dan ladang. Dengan teknologi kontrol Hydraulic Levelling Systems (HLS), yang dimana teknologi tersebut membuat unit akan menyesuaikan posisi header dengan kondisi lahan secara otomatis sehingga header akan tetap rata dan hasil pemotongan juga rata. Ketinggian roda dapat disesuaikan dari 330mm hingga 460mm agar sesuai dengan kondisi lapangan.

Ground clearance yang bagus adalah kunci untuk menghidupkan dalam kondisi berlumpur, dan 460mm adalah ground clearance tertinggi untuk mesin panen padi di Indonesia. Selain itu, pengumpan dapat mengumpulkan padi meskipun sudah menempel, miring atau panjang dengan tinggi maksimum 150cm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here