Selama 2 tahun pandemi Covid-19, masyarakat masih takut datang ke dokter gigi, padahal pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin idelanya dilakukan setiap 6 bulan sekali namun demikian dengan metode SIBENUR yang bisa dilakukan dirumah agar gigi dan mulut tetap sehat.

Hal tersebut dikatakan dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) Dr.Drg. Ciptadhi Tri Oka B. M.Kes pada acara Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada komunitas SMPIA (Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar) 08 Bekasi secara Daring (4/4).

Menurut dokter Ciptadhi yang juga ketua PkM FKG USAKTI, kegiatan Penyuluhan dan pelatihan kesehatan gigi dan mulut untuk Komunitas
SMPIA 08 Bekasi yang terdiri dari siswa kelas 7-9 dan guru dengan metode SIBENUR (Sikat Gigi, Benang Gigi dan Berkumur) selain mudah diingat juga dapat dilakukan secara maksimal rumah terutama saat situasi pandemik COVID-19

Dengan tema” Cara Mengurangi Bakteri Jahat di Rongga Mulut Dengan Metode SIBENUR”. Dokter Ciptadhi Berharap siswa SMPIA 08 dan guru dapat meningkat pengetahuannya terkait cara menyikat gigi yang baik dan benar dan menjaga kesehatan mulutnya, apabila merasakan gigi sakit, atau bau mulut tidak perlu khawatir datang ke dokter gigi, karena telah menjalakan protokol kesehatan.

Sementara Kepala Sekolah SMPIA Dra. Kanya Muawanah, M.Pd menyambut dengan hangat dan antusias kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini yang tercermin dari banyaknya pertanyaan dan diskusi yang sangat aktif antar peserta dan narasumber selama PkM berlangsung.

Pada PkM FKG Usakti melibatkan berbagai unsur civitas akademika seperti dosen sebagai narasumber, Residen Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi, Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi, alumni, dan juga tenaga kependidikan Dan adanya pemaparan oleh Dr.Drg. Ciptadi Tri Oka B. M.Kes tentang Mikroorganisme Penyebab Penyakit Gigi dan Mulut.

Pemateri kedua didampaikan Dr.Drg. Meiny Faudah. Sp. KG (K). Tentang Ciri-ciri Gigi dan Mukut yang Sehat dan perawatannya. Ketiga Dr.Drg. Sri Ratna. Sp. KGA Memparkan Cara Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode SIBENUR. Keempat Drg. Yessy Ariesta. Sp. BM dengan materi Cara Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa dan dimoderatori Drg Yurike Sutjono. [ARM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here