Suaraterkini, Jakarta,-Jika ditanya ketakutan terbesar dalam hidup, maka bagi sebagian besar orang akan menjawab tampil di depan umum. Ketakutan ini ternyata menduduki urutan pertama dalam survey yang dilakukan di Amerika serikat, diatas ketakutan terhadap kematian, kemiskinan dan penyakit.

Ketakutan muncul umumnya karena rendahnya kepercayaan diri, dan kondisi ini banyak ditemukan pada siswa sekolah. Umumnya mereka merasa takut mengungkapkan pendapat sehingga berakibat pada rendahnya kreatifitas mereka di sekolah, hal tersebut dikatakan Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Mercu Buana (UMB) Sri Wahyuning Astuti, M.Ikom.

Untuk mendongkrak kepercayaan diri siswa, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Pengabdian Pada masyakarak dengan menggunakan metode Hipnosis.

“Metode hipnosis digunakan dengan mengunakan pemberian sugesti. Kalimat sugesti diberikan secara berulang-ulang agar masuk ke alam bawah sadar siswa tentang pentingnya percaya diri dalam menjalani aktifitas. Pemberian sugesti juga diikuti dengan simulasi kepada siswa agar mampu tampil di depan umum” Jelas Sri Wahyuning yang juga ketua pelaksana PPM.

Sementara Menurut salah seorang siswa Rizki Kurniawan, sugesti yang mereka terima membuat mereka semakin yakin untuk dapat tampil di depan umum. Meski belum sepenuhnya sempurna, namun menurut Rizki setidaknya ia sudah berani tampil dan maju untuk berbicara di depan Umum.

Perwakilan sekolah Kusnandar, M.Pd, mengapresiasi kegiatan ini, namun akan lebih baik jika dilakukan secara  berkesinambungan dengan pemberian skill dan pengetahuan tentang teknik berbicara di depan umum, agar siswa memiliki ketrampilan yang utuh, harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here