SUARATERKINI, Tanjungpandan – Mendekati seminggu terakhir Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah, harga daging sapi dan ayam di pasar Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai mengalami peningkatan.

“Harga daging sapi naik dari Rp140 ribu per kilogram menjadi Rp160 ribu per kilogram dan daging ayam naik dari Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu per kilogram,” ujar KKabid Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan, Selasa (4/5).

Menurutnya, harga daging sapi dan ayam mulai meningkat pekan ini karena kondisi musiman setiap tahun menjelang lebaran. Kenaikan harga tersebut disebabkan oleh tingginya permintaan masyarakat terhadap dua jenis komoditi itu menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Naiknya harga daging sapi juga disebabkan oleh tingginya harga jual sapi potong serta biaya pengiriman sapi potong dari daerah asalnya,” tambahnya.

Selain itu menurutnya, kondisinya memang ini juga mau mendekati Idul Fitri rata-rata memang seperti ini kenaikan terjadi hampir di seluruh daerah.

“Berdasarkan koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Belitung, sebanyak 160 ekor sapi akan segera sampai ke Belitung dari luar daerah,” katanya.

Pihaknya mengharapkan dengan datangnya sapi potong sebanyak 160 ekor tersebut, bisa menekan kenaikan harga daging sapi di pasaran.

Rita menambahkan, selain itu pihaknya juga menyiapkan sejumlah langkah intervensi pasar jika harga daging sapi dan ayam terus mengalami kenaikan, tentu dengan berkoordinasi dengan satgas pangan. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here