SUARATERKINI, Jakarta – Pengetahuan masyarakat terkait kesehatan gigi dan mulut masih sangat minim, baik di kota besar apalagi di daerah, padahal penyakit gigi dan mulut yang tidak dirawat akan mempengaruhi organ tubuh lainnya.

Hal tersebut dikatakan drg. Luki Astuti, Sp. Perio disela-sela kegiatan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gigi dan mulut yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti ( FKG Usakti) di Grogol Jakarta Barat (17/10).

“Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gigi dan mulut yang dilaksanakan FKG Usakti merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, dalam hal ini terkait kesehatan gigi dan mulut” jelasnya.

Alasan dipilihnya kelurahan Grogol, lanjut drg Luki yang juga ketua kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) karena informasi terkait kesehatan gigi dan mulut masih minim, serta kebutuhan masyarakat di wilayah ini terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Respon masyarakat terhadap kegiatan ini sangat positif yang dapat terlihat dari antusiasme dan jumlah masyarakat yang datang memeriksakan giginya, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia.

Kegiatan Penyuluhan dan Pengobatan Kesehatan Gigi dan Mulut yang berlangsung sehari (17/10) ditargetkan dapat memeriksa atau melakukan pengobatan 50 peserta dengan melibatkan 10 mahasiswa dokter gigi untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan dan 6 dokter gigi untuk supervisi dan tindakan pengobatan. Tindakan pengobatan yang dilakukan pada PKM ini terbatas untuk perawatan sederhana saja. Apabila pasien membutuhkan perawatan yang lebih kompleks maka akan dirujuk ke RSGM FKG Usakti.

Hal senada dikatakan dokter gigi dari Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan drg W.A. Kissanti, kami mengucapkan terimakasih kepada FKG Universitas Trisakti yang telah melakukan penyuluhan dan pemeriksaan gigi dan mulut kepada warga RW 02 Kelurahan Grogol ini.

“ini merupakan bentuk kolaboratif antara Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan dengan FKG Usakti khususnya dalam memberikan penyuluhan, pemeriksaan gigi dan mulut terhadap masyarat, sehingga masyarakat dapat mencegah atau datang ke puskesmas saat mengalami gigi sakit “ tuturnya.

Sementara itu salah satu warga Grogol Erwin Sitompul mengaku senang atas kegiatan yang dilakukan FKG Usakti di lingkungannya.

“kami bersyukur dan berterimakasih kepada FKG Usakti yang melakukan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gigi dan mulut, sehingga masyarkat mengetahui berbagai penyakit yang ditimbulkan dari gigi dan mulut” ungkap Erwin yang juga pengurus RT 02 Kelurahan Grogol ini.

Dengan adanya PKM ini, tambah drg Luki, kesadaran masyarakat akan kesehatan gigi dan mulut lebih meningkat, mulai dari penyebab gigi sakit, hingga penanganannya, serta dapat memotivasi masyarakat untuk lebih dapat memperhatikan kesehatan giginya. Kami berharap adanya kolaborasi baik dengan pemerintah maupun perusahaan swasta dalam memberikan informasi terkait kesehatan sehingga kesadaran masyarakat akan kesehatan gigi dan mulut meningkat, pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here