SUARATERKINI, Jakarta,- Fakuktas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) bekerjasama dengan ibu-ibu kader di Kelurahan Cideng Jakarta Barat melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) berupa pendidikan dan pelatihan bagi ibu hamil dan menyusui di kelurahan Cideng, Gambir, Jakarta Barat secara virtual (29/5).

Ketua pelaksana PkM FKG Usakti, Dr drg Trijani Suwandi, Sp. Perio mengatakan ditengah pandemi Covid-19 banyak ditemukan kondisi ibu hamil yang mengalami anemia dan ditemukan angka kematian ibu hamil cukup tinggi. Mengingat sebagian besar tempat tinggal ibu hamil dan menyusui di daerah padat pemukiman, dengan tingkat Pendidikan dan ekonomi menengah kebawah, serta belum sepenuhnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Oleh karena itu, lanjut drg. Trijani, tim PkM FKG Universitas Trisakti bermaksud untuk mensosialisasikan Kesehatan gigi dan mulut serta gizi bagi ibu hamil dan menyusui, khususnya di masa Pandemi Covid-19.

Dengan tema “Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan gigi dan mulut serta gizi pada ibu hamil dan menyusui di kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat di Masa Pandemik Covid-19” masyarakat mendapatkan penyuluhan terkait
1. Nutrisi pada Kehamilan dan Menyusui oleh Dr.dr.Cindy, Sp.OG
2. Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Gigi dan Mulut Kelompok Ibu Hamil dan Menyusui : Tim PkM FKG Universitas Trisakti
dan setelah virtual zoom, masyarakat ikut lomba membuat video cara mencuci tangan menurut WHO serta cara memakai dan membuka masker yang benar.

Harapan drg Trijani melalui kegiatan PkM ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para ibu hamil dan menyusui di masa pandemi Covid-19 tentang bagaimana melakukan hidup sehat dengan pelatihan cara mencuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer yang benar sesuai anjuran WHO serta cara memakai dan membuka masker yang benar. Selain itu diharapkan menambah wawasan tentang asupan nutrisi yang baik serta pelatihan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi yang benar, sehingga dapat mencegah terjadinya karies dan radang gusi yang berpengaruh terhadap terjadinya kelahiran bayi prematur dan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Sebagai tambahan, Pada PKM FKG Usakti beranggotakan 10 orang terdiri dari, Ketua : Dr. drg. Trijani Suwandi, Sp. Perio, Anggota : Dr. drg. Tien Suwartini, Sp. KG (K), drg. Sri Lestari, M. Kes, drg. Marie Louisa, Sp. Perio, Alumni : drg. Mikha Sundjojo, Sp. Perio, Mahasiswa S2 : drg. Johni Halim, SKG, Mahasiswa S1 : James Sebastian, SKG, Nadya Putri, SKG, Sania Aurelia, SKG dan IT : Yuli Satria, S.Pd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here