Suaraterkini, Jakarta.- Penyakit  gigi dan mulut jika tidak dirawat akan memengaruhi organ tubuh lain. Pengetahuan ini penting sekali tetapi pada kenyataannya masih ditemukan masyarakat di sekitar Grogol yang belum paham akan kesehatan gigi dan mulut.

Demikian disampaikan drg. Goalbertus di sela-sela kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut yang diselenggarakan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti), kepada masyarakat sekitar SMP Muhammadiyah 12 Grogol, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

“Kegiatan penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan gigi dan mulut yang dilaksanakan FKG Usakti merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini terkait kesehatan gigi dan mulut beserta tips menjaga kesehatan gigi dan mulut,” jelasnya dalam keterangan yang diterima redaksi.

Alasan dipilihnya lokasi ini, lanjut Ketua Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, karena di lokasi tersebut belum pernah dilakukan pendidikan kesehatan gigi dan mulut. Sehingga baik para guru dan orang tua SMP Muhammdiyah 12 masih memiliki pengetahuan yang minim terkait kesehatan gigi dan mulut.

Para guru dan orang tua sangat antusias terhadap kegiatan ini. Kegiatan Penyuluhan dan Pengobatan Kesehatan Gigi dan Mulut yang berlangsung ini dihadiri oleh 30 peserta yang juga menerima pengobatan gigi dan mulut sederhana. Kegiatan ini melibatkan 21 mahasiswa dokter gigi dan 12 dokter gigi untuk supervisi dan tindakan pengobatan.

Yuliana Elly Masfiah sebagai pihak yang memfasilitasi ruangan untuk kegiatan ini merasa senang atas kegiatan yang dilakukan FKG Usakti di tempatnya. “Kami bersyukur dan berterimakasih kepada FKG Usakti yang melakukan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gigi dan mulut, sehingga kami mengetahui berbagai penyakit yang ditimbulkan dari gigi dan mulut serta tips menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here