Suaraterkimi, Jakarta,- Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) Universitas Trisakti menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dengan orang tua murid dan guru SLB-C Dian Kusuma Jakarta Barat secara daring pekan lalu.

Dosen FKG Universitas Trisakti drg. Marie Louisa mengatakan manfaat dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada orang tua siswa siswi SLB-C Dian Kusuma tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut anak berkebutuhan khusus di masa pandemi.

“Kegiatan PkM ini memberikan informasi terkait pembatasan kunjungan ke dokter gigi selama pandemi Covid-19, pengenalan penyebab sakit gigi dan proses terjadinya, berbagai upaya pencegahan yang dapat dilakukan sendiri di rumah, dan tips bila harus membawa anak berkebutuhan khusus ke dokter gigi,” jelas Marie yang juga ketua PkM.

Webinar (web seminar) dengan tema “Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut bagi Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di SLB C Dian Kusuma” dengan tim pelaksana yang beranggotakan drg. Marie Louisa Sp.Perio, Dr. drg. Trijani Suwandi Sp.Perio, Dr. drg. Johan Arief Sp.Orto, drg. S. P. Audry A, dan 4 orang mahasiswa klinik ini oleh diikuti 30 partisipan yaitu guru dan orang tua murid. Dari hasil pre test dan post test yang didapat, terlihat adanya peningkatan pengetahuan para peserta penyuluhan sebesar 29% (rerata nilai pretest 73 dan rerata nilai post test 94) ke arah yang lebih baik.

Kepala SLB-C Dian Kusuma Ibu Yuli Siswanti S.Pd, mengucapkan terimakasih kepada FKG Universitas Trisakti yang telah memberikan informasi terkait covid-19 dan kesehatan Gigi serta pemberian donasi kepada pihak sekolah berupa masker, sarung tangan, face shield, disinfektan, dan alat-alat yang dapat digunakan untuk menunjang jalannya kegiatan belajar mengajar di sekolah selama pandemic Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here