SUARATERKINI, Tanjungpandan – Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera membangun empat posko angkutan lebaran. Posko tersebut juga sekaligus berfungsi untuk penyekatan pemudik pada Idul Fitri 1422 Hijriah.

“Dishub segera akan membentuk tim dan posko pemantauan angkutan lebaran, yang merupakan rutinitas setiap tahun,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Ubaidillah di kantornya, Rabu (14/4).

Ubaidillah mengatakan, posko angkutan lebaran tersebut akan dibangun pada empat lokasi berbeda, yaitu Pelabuhan Tanjung Pandan, Pelabuhan Tanjung Ru, Bandara H.AS. Hanandjoeddin, dan Terminal bis Tanjung Pandan.

“Posko tersebut nantinya akan bergabung dengan posko TNI/Polri atau Satgas Covid-19 Kabupaten Belitung,” ujarnya.

Selain memantau lalu lintas angkutan lebaran, menurutnya, posko tersebut juga nantinya berfungsi sebagai pos pemeriksaan bagi pemudik yang akan memasuki wilayah itu.

Seperti diketahui, pemerintah pusat melarang semua Aparatur Sipil Negara dan keluarganya untuk melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah dan/atau mudik pada periode 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021.

“Kami di daerah memiliki tugas untuk mengawal penerapan kebijakan tersebut,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, setiap pemudik yang akan memasuki wilayah itu nantinya akan melewati proses penyaringan dan pemeriksaan dokumen sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Misalnya ada hal-hal yang dikecualikan seperti perjalanan dinas yang mendesak, sakit, atau musibah,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya masih terus melakukan koordinasi terkait adanya kebijakan larangan melakukan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah tersebut.

“Kami belum bisa memastikan kapan jadwalnya maskapai atau angkutan laut tidak boleh mengangkut penumpang lagi, begitu juga untuk transportasi lain, jadi ini masih menunggu,” tambah dia. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here