SUARATERKINI, Tanjungpandan – Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, hari ini memulai vaksinasi terhadap 400 pedagang pasar di Gedung Nasional, Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

“Vaksinasi terhadap pedagang Pasar Tanjung dan Pasar Hatta selama 3 hari dari Kamis hingga Sabtu,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono kepada SUARATERKINI, Kamis (15/4).

Joko mengatakan, pihaknya menyediakan 40 vial untuk 400 orang pedagang dari Pasar Tanjung dan Pasar Hatta, dengan rincian hari pertama untuk 150 orang, kemudian hari kedua 100 orang, dan hari terakhir 150 orang.

“Targetnya menjelang lebaran mereka semua sudah divaksin, karena intensitas transaksi dengan pembeli akan semakin meningkat,” kata Joko.

Lebih lanjut ia mengatakan, pasar tradisional merupakan tempat yang paling susah diatur protokol kesehatannya, sementara di masjid dan tempat lain lebih mudah mengaturnya.

“Oleh karena itu, vaksin ini adalah salah satu upaya pencegahan covid dari klaster pasar,” tambahnya.

Ia melanjutkan, karena ketersediaan vaksin masih terbatas, belum semua pedagang pasar di Belitung mendapatkan vaksin.

“Vaksin terbatas, sehingga lokasi pemberiannya harus diprioritaskan. Nanti kalo ada termin selanjutnya, baru diberikan vaksin untuk pedagang pasar lainnya,” tutup Joko. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here