SUARATERKINI, Jakarta – Walaupun di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, Bisnis makanan tidak pernah ada matinya mengingat manusia dapat bertahan hidup dari apa yang dimakannya. Hal inilah yang masih dijadikan peluang untuk membuka bisnis makanan atau bisnis kuliner.

Baik makanan ringan maupun berat, keduanya sama-sama menawarkan tingkat keuntungan yang menguntungkan selagi Anda dapat mengelolanya dengan baik.

Salah satu kunci untuk mendapatkan keuntungan saat berbisnis ialah menerapkan metode pemasaran yang tepat. Adanya metode pemasaran yang baik juga dapat meminimalkan terjadinya kerugian saat berbisnis.

Berikut salah satu strategi pemasaran makanan yang dikutip dari gobiz.co.id, Senin (21/6/20) yang harus diterapkan jika ingin bisnis sukses dan lancar dengan mendaftarkan online di GoFood berikut ini pemaparannya :

Proses Daftar GoFood

Langkah pertama cara daftar Gofood bisa dilakukan secara Online, kami hanya perlu melakukan pengajuan pendaftaran melalui website https://www.gojek.com/go-food/bisnis#l/registration.

Saat melakukan registrasi tersebut, pastikan untuk menuliskan semua data, termasuk email dan nomor ponsel, dengan benar. Kalau pendaftaran kita diterima, akan ada email dari merchant.no-reply@gojek.com.

Setelah pendaftaran diajukan, Tim Gojek akan memverifikasi data yang kita masukkan tadi. Maksimal 5 hari kerja akan ada email yang mengabarkan verifikasi tersebut berhasil atau gagal.

Jika gagal, jangan berkecil hati, karena kita akan diberi kesempatan melengkapi data yang dianggap kurang. Jika berhasil, kita akan melakukan penandatanganan kontrak elektronik melalui DocuSIgn.

Penandatanganan kontrak ini sifatnya WAJIB, ya. DocuSign tersebut akan dikirim ke email kita.

Setelah ditandatangani, kontrak selesai diproses dan kita akan dibuatkan akun GoFood dan GoBiz oleh Tim Gojek. Proses ini akan memakan waktu maksimal lima hari kerja.

Setelah itu, lakukan aktivasi akun GoBiz dengan melakukan login melalui nomor ponsel outlet. Tunggu maksimal 1×24 jam sampai akun aktif. Kalau sudah aktif, kita tinggal login ulang ke GoBiz dan bisa mulai berjualan di GoFood.

Tips Jualan Makanan Online di GoFood

Membuat akun GoFood baru langkah pertama. Masih ada langkah selanjutnya agar jualan makanan online kita di GoFood bisa laris manis.

Pasang Foto Makanan Yang Menarik di GoFood

Orang bilang jangan menilai buku dari sampulnya. Nyatanya, sampul itu penting. Seperti halnya foto makanan, itu sangat penting.

Selama pandemi ini banyak kelas gratis, salah satunya adalah kelas food photography yang membutuhkan teknik khusus agar makanan terlihat menarik.

Sama juga ketika nonton Master Chef, plating tak kalah pentingnya. Di aplikasi pesan antar makanan GoFood, plating dan foto makanan kita harus tampil semenarik mungkin. Jangan asal foto, ya!

Perhitungkan Rasa dan Porsi Makanan di GoFood

Pengalaman pertama lidah saat mencicipi sebuah makanan sangat menentukan. Makanya, rasa itu harus dijaga. Tampilan saja tidak cukup. Tampilan hanya akan menarik calon pelanggan untuk datang pertama kali. Namun, rasalah yang membuat pelanggan kembali lagi untuk membeli.

Selain rasa, porsi juga perlu diperhitungkan. Pengalamanku kadang ada rasa yang enak, tapi porsinya sedikit banget. Tentukan dulu pangsa pasar kita siapa. Kalau seperti kami yang tinggal di daerah pinggiran, orang masih memperhatikan porsi makan yang besar. Beda dengan di kota yang sudah lebih mempertimbangkan banyak aspek selain kenyang, seperti food delivery sebai bentuk layanan pesan antar yang baik.

Berani dan Cermat Buat Promo Makanan di GoFood

Buat strategi penjualan dengan promo makanan di GoFood. Pilih menu-menu yang kira-kira jamak di lidah orang. Yang akan dibeli banyak orang. Menambahkan promo pada menu tersebut akan membuat calon pembeli tertarik membeli makanan kita.

Strategi Pemasaran di Media Sosial

Tak kalah pentingnya adalah melakukan promosi di media sosial baik itu Facebook, Twitter, Instagram, maupun media sosial lainnya. Gunakan fasilitas iklan bila perlu dengan menetapkan target audience yang tepat.

Buat akun media sosial yang interaktif yang tidak satu arah sehingga lama-lama akan ada engagement dengan pelanggan sehingga mereka akan merasa dekat dengan kita.

Biaya Daftar GoFood Online

Saat tertarik dan akan daftar GoFood, salah satu pertanyaan utama calon mitra adalah tentang biaya yang harus dikeluarkan. Anda tidak perlu khawatir, karena sepanjang proses pendaftaran hingga gerai anda online di aplikasi Gojek, adalah GRATIS.

Keunggulan Menjadi Mitra GoFood

Selain mudah dan sederhananya cara daftar GoFood Online, menjadi mitra GoFood mempunyai banyak keunggulan yang langsung bisa dirasakan penjual, antara lain:

1. Daftar GoFood online dan dapatkan lebih banyak pelanggan.

Pada tengah tahun 2019 saja, pengguna aplikasi ojek online Gojek sudah mencapai lebih dari 155 juta orang. Sehingga, kemungkinan untuk orang menemukan outlet jualan anda adalah sangat besar. Semakin banyak pelanggan yang tertarik memesan makanan atau minuman dari outlet anda, tentu saja cuan yang datang akan semakin besar.

Agar bisa meraih pelanggan lebih banyak, anda bisa memilih menu makanan dan minuman yang paling banyak dibutuhkan dan disukai pada area anda. Misalnya anda di area mahasiswa, maka berjualan menu aneka kopi kekinian berikut jajanan hits adalah pilihan yang ideal.

2. Fokus ke makanan/minuman

Apakah anda pernah mendengar atau membaca istilah ghost kitchen? Itu adalah cara dan proses penyiapan makanan dan minuman secara profesional, khusus untuk layan antar. Berbeda dengen restoran atau cafe yang perlu menata dan menjual atmosfer lokasi jualan, berjualan makanan dan minuman di aplikasi ojek online bahkan anda tidak perlu memiliki meja dan kursi makan.

Anda cukup menata foto asli dari makanan dan minuman jualan anda secara artistik untuk menarik pembeli. Hal ini paling penting, karena pembeli awam yang belum mengenal outlet anda, cenderung akan memilih foto makanan yang dianggapnya paling menarik dalam menggugah selera.

Cahaya, cara dan sudut pengambilan foto makanan dan minuman, sangat menentukan cantik dan tidaknya hasil jepretan. Kalau tidak ada dana menyewa fotografer profesional, anda bisa menggunakan kamera telepon genggam anda dengan sentuhan editing.

Selain foto yang cantik, rasa dan kualitas makanan dan minuman jualan anda juga sangat penting, agar pelangggan puas dan melakukan pemesanan ulang (repeat order).

3. Waktu berjualan yang fleksibel

Anda bisa bebas mengatur waktu berjualan anda, kapanpun anda mau. Bahkan, anda tidak perlu membuka warung di dunia nyata untuk bisa melayani pembeli. Cukup di dapur anda yang bekerja untuk melayani pesanan pembeli, dan anda bebas menjadwalkan buka dan tutupnya outlet anda.

Sangat mudah dan menarik bukan? Sudah siapkah anda bergabung? Ayo daftar GoFood online sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here