SUARATERKINI, Natuna – Bersamaan dengan peresmian beroperasinya jaringan USO XL Axiata juga menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan layanan data secara produktif kepada masyarakat Natuna.

Kegiatan tersebut meliputi sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara bagi warga nelayan setempat. Sosialisasi diikuti oleh 35 nelayan, yang diharapkan para peserta selanjutnya akan mengajarkannya kepada kelompoknya masing-masing.

Plt Chief Technology Officer, I Gede Darmayusa menyampaikan,” penggunaan suatu aplikasi digital yang bisa membantu menunjukkan lokasi keberadaan ikan adalah sesuatu yang sangat baru bagi mereka.

XL Axiata akan terus melakukan sosialisasi program kepada daerah dengan komunitas nelayan di wilayah Natuna,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Suaraterkini.com.

Selanjutnya, tim XL Axiata juga memberikan edukasi pemanfaatan layanan digital bagi masyarakat setempat, terutama kaum perempuan, melalui program edukasi Sisternet.

Edukasi diikuti 38 orang termasuk istri nelayan dan ibu rumah tangga lainnya di Desa Mekar Jaya dan sekitarnya.

Edukasi ini antara lain meliputi pelatihan tentang edukasi internet bagi UMKM perempuan, karena internet bisa menjadi salah satu solusi bagi pemberdayaan ekonomi rakyat setempat karena bisa membantu pemasaran produk dan menjadi sumber acuan informasi dan perkembangan yang terjadi saat ini.

Sosialisasi strategi digital marketing dalam bentuk pemanfaatan media social; cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM perempuan setempat,” paparnya.

Pemanfaatan edukasi pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM perempuan untuk dapat berkembang menjadi pusat kekuatan ekonom dengan biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen.

Pemanfaatan internet dan perkembangan teknologi untuk diarahkan mencapai dampak positif, yang pada akhirnya akan bisa mendukung upaya masyarakat meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat setempat.

Selain itu, Sisternet juga menyediakan edukasi online yang bisa dikunjungi langsung di www.sisternet.co.id/modulpintar.

Untuk dunia pendidikan, XL Axiata tidak lupa menyalurkan program Gerakan Donasi Kuota (GDK) untuk sekolah yang berada di Desa Mekar Jaya, yaitu MTSN Miftahunnajah Desa Mekar Jaya.

Dengan donasi kuota data ini, kini para pelajar dan guru di sekolah tersebut bisa langsung mengakses internet cepat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Di Sumatera, saat ini XL Axiata juga terus melakukan perluasan infrastruktur jaringan layanan data, sejalan dengan fokus perusahaan untuk terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan penggunaan layanan data di masyarakat.

Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata di Sumatera mencapai sekita 19% dari jumlah pelanggan nasional, dengan jumlah pelanggan data mencapai lebih dari 80%, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dar 24ribu BTS termasuk sekitar 18 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Sumatera.

Saat ini jangkauan layanan data (3G & 4G) XL Axiata juga telah melayani lebih dari 150 kota/kabupaten di Sumatera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here