Suaraterkini, Jakarta,- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menganugerahkan Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial kepada Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin pada puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-62 tahun 2019 di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, (22/12).

Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari Batubara menyebutkan tema Peringatan tahun ini “Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas”. Kesetiakawanan sosial adalah tindakan sikap saling peduli dilansasi dengan keiklasan untuk meningkatkan harkat hidup masyarakat Indonesia. Menurut Mensos, sikap saling membantu harus selalu ditumbuhkan dikalangan masyarakat Indonesia. Melalui Peringatan HKSN tahun ini pihaknya berharap dapat menjadi pengungkit untuk meningkatkan rasa Kesetiakawanan Sosial di masyarakat. Salah satu upayanya yang dapat dilakukan yakni melalui pembinaan karakter. “Suka membantu orang lain dengan iklas itulah setia kawan,” ujar Mensos Juliari Batubara.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Mensos dan Gubernur Kalsel atas terselengaranya HKSN 2019 ini. Wapres menyampaikan permohonan maaf atas Presiden RI tidak bisa hadir karena ada tugas negara lain dan menyampaikan salam kepada tamu undangan HKSN 2019 yang hadir.

Wapres menyampaikan Kesetiakawanan Sosial harus tetap kuat di masyarakat. Dengan adanya peringatan HKSN ini setiap warga harus mampu menerapkan nilai dasar saling peduli didasari dengan kerelaan dan keikhlasan. “Peringatan HKSN seperti ini menjadi stimulus kegiatan sosial di masyarakat,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres menambahkan peran Kesetiakawanan Sosial sangat penting, karena bisa membantu menurunkan angka ketimpangan dan mengurangi kemiskinan. “Semua agama mengajarkan kita untuk saling membantu dan saling berbagi,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan berbicara masalah sosial, pihaknya selama ini telah melakukan langkah-langkah menggali data dengan turun melakukan bedah desa untuk mencari data dan fakta dilapangan. Setelah itu dibuatkan tajuk rencana apa yang harus dlakukan. Dalam hal penanganan masalah sosial ketika turun kelapangan, Bupati juga tidak segan membantu warga yang tidak memiliki sambungan listrik untuk mencarikan sambungan baru, memberikan pekerjaan bagi penyandang disabilitas produktif, memberangkatkan anak kk miskin ke kapal pesiar dan lainnya. “Semua yang saya lakukan itu didasarkan dengan komitmen yang tulus untuk menyelesaikan masalah ini. Saya tidak mau nanti ada orang miskin yang tidak mendapatkan hak-haknya, ada masyarakat yang produktif yang tidak bekerja, ini artinya ada sesuatu yang salah pada saat kita menangani tentang masalah sosial ini,” ujar Suwirta.

Sementara terkait penghargaan ini, Bupati Suwirta mengucap rasa syukur atas atas apa yang diraih. Penghargaan ini diharapkan semakin memberikan motivasi untuk bekerja dan tentunya dipersembahkan kepada seluruh jajaran Pemda Klungkung dan seluruh masyarakat Klungkung. “Penghargaan ini tentunya berkat kerja team work Pemkab Klungkung dan kita persembahkan untuk masyarakat Klungkung,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here