SUARATERKINI, Jakarta – Universitas Sahid Jakarta melalui Direktorat Kemahasiswaan Pengembangan Karakter & Alumni (KPKA) mengadakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMARU) TA. 2020/2021 dengan menggunakan metode Webinar melalui Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming yang diikuti lebih dari 300 peserta untuk periode 1.

Tema OSMARU tahun ini adalah “Creative Learning For The Bright Future”. Osmaru sebelumnya sudah dilaksanakan pada Rabu, 17 Juni 2020. Rangkaian Osmaru selanjutnya akan digelar pada 24, 27 Juni 2020 dilanjutkan 5, 8, 12, 15 Agustus 2020 dan 2 & 5 September 2020. Sebagai puncaknya pada 8 dan 9 September 2020.

Universitas Sahid Jakarta merupakan kampus pertama yang mengadakan penyambutan mahasiswa mahasiswa baru secara daring. Pembukaan acara OSMARU dihadiri Rektor, para Wakil Rektor dan para Direktur.

Rektor, Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom dalam sambutannya menyatakan keprihatinan situasi covid-19 sehingga OSMARU dilaksanakan secara daring, tapi tidak mengurangi makna dan tujuan acara.

Mahasiswa adalah salah satu asset yang penting dalam kinerja perguruan tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu program sejak awal untuk dapat memotivasi pola belajar dan pembelajaran yang ada di Universitas,” ungkapnya di OSMARU secara daring, Sabtu (20/6/20).

Ia menjelaskan, Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMARU) merupakan suatu kegiatan menyambut mahasiswa baru dan mempersiapkan pelaksanaan proses perkuliahan serta kegiatan kemahasiswaan yang akan diikuti selama di Universitas Sahid Jakarta, mahasiswa baru dituntut untuk dapat lebih memahami kondisi Universitas Sahid pada umumnya dan Program Studi pada khususnya.

Selain itu, OSMARU bertujuan memberikan pemahaman tentang visi misi, wawasan kebangsaan, pengembangan karakter, proses belajar mengajar dan organisasi kemahasiswaan di Universitas Sahid Jakarta,” tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan paparan tentang belajar kreatif masa pandemi oleh Nindy Sabrina., S.Gz., MSc – Dosen Fakultas Teknologi Pangan & Kesehatan Usahid. Mahasiswa baru diberikan pemahaman tentang proses belajar mengajar di Universitas Sahid Jakarta, kiat mengatur jadwal studi selama kuliah dengan baik dan memilih kegiatan mahasiswa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki agar nantinya diharapkan dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dan menjadi lulusan yang unggul.

Ditampilkan juga videografis sistem akademik dan keuangan yang dijelaskan oleh Direktur Akademik – Dr. Jamalullail dan Direktur Keuangan – Dra. Ester Dwi Wahyuni, MM. Pengenalan Pola Ilmiah Pokok Usahid yaitu
Pariwisata dan Kewirausahaan juga akan disampaikan kepada mahasiswa baru pada24 Juni 2020 mendatang.

Video/info grafis Overview Pariwisata disampaikan oleh Ismayanti Istanto, A.Par, M.Sc – Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Usahid. Dilanjutkan dengan Virtual Touring Kota Tua Semarang oleh Yuliansyah Ariawan, MA, M.Par – Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis Usahid.

Guna membentuk karakter mahasiswa baru agar ketika lulus memiliki karakter berwirausaha, ditampilkan Video/infografis tentang kewirausahaan oleh Soecahyadi, ST, MT – Dosen Fakultas Teknik Usahid.

Dilanjutkan dengan paparan tentang tantangan berwirausaha di tengah pandemi oleh Adi Setyo Nugroho – pemilik Steggo Steak untuk berbagi pengalaman sukses berwirausaha.

Dalam kesempatan ini juga, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) USAHID – Dr. Mirza Ronda, M.Si menyatakan bahwa FIKOM USAHID memiliki matakuliah spesifik terkait Pola Ilmiah Pokok yaitu Tourism & Entrepreneur University, yang tidak dimiliki Universitas lain sehingga menjadi matakuliah unggulan untuk mahasiswa baru memilih FIKOM USAHID.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here