Suaraterkini, Jakarta,- Universitas  Darma Persada (Unsada) menggandeng salah satu Universitas di Jepang, The Chiba Institute of Science (CIS), melakukan Penandatangan Kerjasama Sekaligus Workshop International di Auditorium Unsada, Jakarta Timur (21/02).

Penandatnagan Kerjasama dengan The Chiba Institue of Science Jepang
(CIS), sebagai upaya Universitas Darma Persada siap berpartisipasi dalam pencegahan sekaligus penanganan soal bencana alam yang ada di Indonesia, kata Rektor Universitas Darma Persada Dr. Tri Mardjoko .

“Untuk kedepannya, Unsada akan lebih memperdalam lagi tentang hal-hal yang berkaitan dengan bencana alam seperti gempa, tsunami, longsor dan lain sebagainya dari riset yang akan dilakukan dengan menggandeng CIS sebagai partnernya”, tuturnya.

Mengingat bahwa Indonesia dan Jepang letak geografisnya sama-sama berada di ring of fire yang rawan bencana alam, kerjasama ini sangat menguntungkan terutama bagi Indonesia untuk menjadi bahan pencegahan ataupun penanganan nantinya, ucap Tri Mardjoko .

Diawali dengan penandatangan kesepahaman antara pihak Unsada dan CIS, acara dilanjutkan dengan digelarnya International Workshop mengenai Risk and Crisis Management dengan mengangkat tema “Policy and Program Health Management and Kamishibai Method.”

Vice President of Department of Risk and Crisis Management System – Chiba Institute of Science, Dr. Shozo Azuma menegaskan, Kerjasama ini penting, mengingat soal perubahan iklim yang susah diprediksi. Sekaligus sebagai bukti bahwa Jepang dan Indonesia masih memiliki hubungan yang erat.

Langkah taktis lain Universitas Darma Persada, Lanjut Tri, yakni langkah untuk memajukan Indonesia ini tidak hanya dalam fokus penelitian saja, Unsada juga menerapkan dua poin penting dalam kerjasama dengan CIS ini, bentuk lain seperti kerjasama di bidang pendidikan, juga pengabdian masyarakat.  “Saya ingin Unsada ini menjadi pusat kebudayaan Jepang nantinya.” Tambah Tri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here