USAHID Jalin Kerjasama dengan Uzbekistan dari Pariwisata hingga Pendidikan

Vice President Sahid Group/Ketua Dewan Pembina Yayasan Sahid Jaya – Dr (HC). Dra. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA berikan pemaparan di acara Uzbekistan Travel Trade Fair 2023.
AdvertisementAds Sharp

SUARATERKINI, Jakarta – Universitas Sahid dengan core value kewirausahaan & kepariwisataan terus bersinergi dengan para pihak terkait dalam rangka pengembangan dunia pariwisata baik nasional maupun internasional.

Untuk itu, Universitas Sahid bekerjasama dengan Tourism Committee of Republic of Uzbekistan dan Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia menyelenggarakan Uzbekistan Travel Trade Fair 2023, pada Selasa 8 Agustus 2023 di Auditorium Prof. Sukamdani Sahid Gitosardjono Universitas Sahid.

Vice President Sahid Group/Ketua Dewan Pembina Yayasan Sahid Jaya – Dr (HC). Dra. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA menyampaikan,” kerjasama USAHID dengan Tourism Committee of Republic of Uzbekistan dan Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia meliputi pembentukan Tourism Center of Uzbekistan, pertukaran SDM (dosen & mahasiswa), publikasi dan riset bersama terkait pengembangan pariwisata.

Dan, yang terpenting bagi saya adalah Uzbekistan merupakan tempat kelahiran para pemikir besar di zaman keemasan Islam seperti Ibnu Sina dan memiliki banyak peninggalan peradaban Islam yang patut dieksplor oleh umat Islam, seperti makam Imam Al- Bukhari dan Imam Al-Tarmizi.

BACA JUGA:  OSMARU 2023 USAHID Undang Staf Khusus Presiden RI

Terdapat juga monumen arsitektur dan arkeologi yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO, Mushaf Al-Qur’an Tertua di Dunia (Mushaf Usmani), dan Indonesia memiliki history relationship dengan hadirnya Ir. Sukarno – Presiden Indonesia pada tahun 1956 mengunjungi makam Imam Al-Bukhari di Samarkand,” paparny.

Sementara itu, Rektor USAHID – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU menyampaikan,” Ini merupakan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk menginisiasi sejumlah program kolaborasi terkait pendidikan, penelitian dan kita pokuskan di pengembangan wisata religi.

Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri, tentunya yang berprestasi. Dan hari ini adalah langkah kedua, yang sebelumnya di tahun 2018 sudah bekerjasama dengan salah satu unevesitas di Uzbekistan,” ungkap Prof. Kholil.

Ia menambahkan, “kami sangat senang jika ada mahasiswa Uzbekistan yang akan melanjutkan studi di Usahid. Atau, mengirim mahasiswa Usahid untuk kuliah di Uzbekistan. Sehingga dapat gelar dari Usahid atau Universitas Uzbekistan,” terangnya.

Sebagai informasi, undangan dihadir dari perwakilan asosiasi pariwisata umrah dan haji seperti HIMPUH, AMPHURI, GHAPURA, ASITA, PHRI, tours & travel agent, penerbangan, hotel dan halal lifestyle center.

BACA JUGA:  Moving To The Normal Post COVID 19 : Kuwait Perspektif

Acara diisi dengan paparan dan diskusi dari para narasumber yaitu Dr (HC). Dra. Sarwo Budi Wiryanti Sukamdani, CHA; Mr. Temur Mirzaev dan Norman Tahir – Dewan Pengawas GAPHURA (Gabungan Perusahaan Haji & Umrah Nusantara) dengan moderator Dr. Rahtika Diana – Ka. Pusat Kerjasama Internasional USAHID.

Selain diskusi juga diadakan Business Meeting dengan para pelaku tourism dari Uzbekistan, terkait upaya untuk meningkatkan hubungan kerjasama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif antara Indonesia dan Uzbekistan.