UMN Berkolaborasi dengan Plasticpay inisiasi Grand Launching RVM BSI dan Dropbox Chatime

SUARATERKINI, Banten – Peluncuran Reverse Vending Machine (RVM) Bank Syariah Indonesia dan Dropbox Chatime ini dihadiri oleh Jajaran Rektorat, Dekan, Dosen, Mahasiswa, Key Opinion Leader (KOL), Perwakilan BSI (Bapak Firman Jatnika), Perwakilan Chatime (Irene Melia) dan Perwakilan Plasticpay (Imam Pesuwaryantoro) di Kantin Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang.

Dalam sambutannya, Dr. Ninok Leksono, Rektor Universitas Multimedia Nusantara, mengapresiasi kerjasama multistakeholder ini antara UMN x Bank Syariah Indonesia x Chatime x Plasticpay dalam mendukung upaya Akselerasi Program Indonesia Net Zero Emission 2060. Ujar, Pak Ninok.”

Peluncuran Reverse Vending Machine BSI dan Dropbox Chatime bersama Plasticpay sejalan dengan Visi dari Program PlastiKOS dilingkungan Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Program PlastiKOS adalah salah satu hasil kerja kelompok mahasiswa pada mata kuliah Communication for Sustainable Development yang didampingi Kevin Sanly Putera, M.I.Kom, dosen Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Ilmu Komunikasi UMN. “Mata kuliah yang tergolong baru ini adalah wujud nyata komitmen UMN mendukung sustainability (keberlanjutan). Tugas akhir pembelajaran kami, para mahasiswa diminta untuk membuat proyek kolaborasi sesuai prinsip sustainable development dan SDGs,” papar Kevin. PlastiKOS diinisiasi enam mahasiswa yang menaruh perhatian pada pengolahan sampah botol plastik secara sustainable. Dipimpin oleh Jennifer Lopez dan Dave Hapien, kelompok PlastiKOS memutuskan untuk menciptakan kolaborasi ini bersama Plasticpay sejak Februari 2023. “Seluruh proses mulai dari rapat perdana antara UMN dan Plasticpay, persiapan, hingga hari H peluncuran, semua dijalankan bersama oleh para mahasiswa di kelas kami dan didukung berbagai pihak internal kampus,” jelas Kevin.

BACA JUGA:  Kolaborasi Wuling dan Plasticpay Hadirkan RVM di Pameran Periklindo EV 2023

Plasticpay merupakan gerakan sosial yang mengutamakan kegiatan CSR yang berbasis pada kanal digital dengan tujuan untuk mengajak masyarakat bersama-sama membawa perubahan pada lingkungan dengan mengubah sampah botol plastik yang merusak menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berguna. Tidak hanya itu, Tiap penukaran sampah botol plastik yang berhasil ditukarkan melalui Reverse Vending Machine (RVM) dan Dropbox Plasticpay, Masyarakat juga bisa terlibat mengelola-nya menjadi produk kreatif dimana Plasticpay menyediakan bahan baku dari sampah botol plastik, lalu masyarakat yang terlibat seperti UMKM bisa menciptakan berbagai macam produk kreatif seperti Sajadah, Pouch, Quran Cover, Sepatu hingga produk kreatif lainnya.

Dampak Sosial yang telah dilakukan oleh Plasticpay dari tahun 2020 hingga tahun 2023, setidaknya ada lebih dari 62.380+ Jumlah Transaksi yang dilakukan oleh Plastic Hero Plasticpay, 30+ Kolaborator yang terlibat pada Program Sirkular Ekonomi Bersama Plasticpay, 40.000 masyarakat telah berpartisipasi pada pemilahan sampah botol plastik atau ekuivalen dengan 77,2 Ton Sampah Botol Plastik berhasil terpilah dan didaur ulang menjadi Produk Upcycle serta telah tersedia 600+ Dropbox, 60+ Reverse Vending Machine Plasticpay di area Jabodetabek, Bandung dan Bali. Ujar, Imam Pesuwaryantoro, Corporate Communication – Plasticpay.

BACA JUGA:  Bekali Anak Citizen Journalism, Mampu Tangkal Berita Hoax

Melalui kerjasama multi-stakeholder antara Universitas Multimedia Nusantara (UMN) x Bank Syariah Indonesia x Chatime x Plasticpay harapannya adalah mempercepat akselerasi Program Dekarbonisasi Indonesia Net Zero Emission 2060 mendatang karena telah sesuai dengan SDGs no.12 (Responsible Consumption & Production) dan SDGs no.17 (Partnership for The Goals). (Rep/Her)