UBL Gelar Balap Sepeda MTB Trail Race

SUARATERKINI, Tangerang – Universitas Budi Luhur (UBL) kembali berinisiatif menjadi salah satu sponsor utama dalam event MTB Trail Race “UBL – Sinarmas Land JPG Bukit Trail Race 2023” yang digelar di Kota Tangerang, Sabtu (28/10).

Event yang diikuti sekitar 200 pesepeda tersebut menjadi bagian dari komitmen UBL sebagai kampus sepeda sekaligus mendorong lahirnya atlet-atlet sepeda baik nasional maupun internasional.

Hadir dan ikut menyaksikan, anggota DPRD Kabupaten Tangerang Sri Panggung, dan Ketua Cabang Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kabupaten Tangerang Maksis Sihadi.

Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhir Cakti, Kasih Hanggoro dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya bahwa UBL bisa hadir dalam event MTB Trail Race yang melibatkan ratusan peserta dari sejumlah komunitas sepeda dari berbagai kota di Indonesia.

“Kami sangat bangga bisa dukung event ini. Apalagi event yang sebenarnya rutin digelar setiap tahun ini, sempat vacuum dan akhirnya kami bisa gelar kembali,” kata Kasih Hanggoro.

Menurutnya, event yang digelar di JPG Bukit Trail yang medannya terjal dan berbukit menjadi hal menantang bagi para pesepeda. Karena itu, sejak awal dibuka pendaftaran, animo para pesepeda baik individual maupun komunitas untuk ambil bagian dalam event ini begitu tinggi.

BACA JUGA:  Universitas Budi Luhur Lantik Rektor Baru Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc

Selain menjadi bagian dari bentuk aksi kepedulian sosial (CSR) UBL, event UBL – Sinarmas Land JPG Bukit Trail Race 2023 sekaligus menjadi komitmen UBL sebagai kampus sepeda yang dicanangkan sejak tahun 2012.

UBL memiliki program-program yang berkaitan dengan olahraga sepeda baik dalam bentuk kompetisi, sarana prasarana yang dibutuhkan pesepeda di area kampus, program untuk atlet pesepeda, gerakan bike to work bahkan komunitas pesepeda dari sivitas akademika UBL.

“Di area kampus kami sediakan parkir khusus sepeda, dan kamar mandi untuk pesepeda,” tambahnya.

Kasih Hanggoro yang memiliki hobi naik sepeda sejak masih usia SMP mengaku senang karena sekarang banyak sekali event atau kompetisi olahraga sepeda yang sangat menantang.

Ini menjadi khabar baik bagi mereka yang memang memiliki potensi besar menjadi atlet pesepeda untuk bisa meraih prestasi tertinggi dalam bidang olahraga sepeda.

“Dukungan kami terhadap event-event olahraga sepeda sudah sangat sering kami lakukan. Ini adalah bagian dari kepedulian UBL untuk ikut membina dan melahirkan olahragawan sepeda,” ujarnya.

BACA JUGA:  Gubernur Babel Segera Fungsikan Isoter Covid-19 di SMK 2 Tanjungpandan

Event UBL – Sinarmas Land JPG Bukit Trail Race 2023 sendiri bukan yang pertama kali digelar oleh UBL. Kegiatan yang sempat berhenti akibat pandemi ini terbuka untuk masyarakat umum dan komunitas pesepeda.

Total hadiah yang diperebutkan dalam UBL- Sinarmas Land JPG Bukit Trail Race 2023 kali ini senilai Rp40 juta.
Pada kesempatan yang sama, Devino Oktavianus Ketua Komunitas JPG Mountain Bike Park menjelaskan event UBL – Sinarmas Land JPG Bukit Trail Race 2023 terbagi dalam dua kategori.

Yakni kategori eksisi short cross country yang terdiri atas lima kelas yang dibagi menurut kategori usia dan kategori MTB.

“Kalau di luar negeri kategori MTB sudah ada dan dikompetisikan. Di Indonesia masih sekadar hobi. Semoga setelah ini, kategori MTB bisa digelar di Indonesia sehingga kitab isa berpartisipasi mengirikan atlet MTB ke luar negeri,” jelasnya.

Pada ajang kali ini untuk pertama kalinya dibuka bagi para pesepeda yang menggunakan sepeda listrik dengan jumlah peserta skeitar 40 orang.

BACA JUGA:  Ordik di Universitas Budi Luhur Berbasis IT

Sementara itu, Maksis Sahadi, Ketua Cabang ISSI Kabupaten Tangerang mengatakan kejuaraan UBL – Sinarmas Land JPG Bukit Trail Race 2023 menjadi bentuk penyemangat bagi para olahragawan sepeda terutama mountain bike untuk terus menunjukkan prestasi dan kemampuannya.

“Ini sekaligus menjadi wadah kejuaraan bagi penikmat balap sepeda untuk memiliki pretasi gemilang,” ujarnya.

Ia berharap dari event UBL-Sinarmas Land JPG Bukit Trail Race 2023 akan lahir atlet-atlet sepeda yang memiliki prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

redaksi.suaraterkini@gmail.com