Truk Gotong Royong Boyong Pohon Melintas Jakarta, Kirim Ratusan Bibit Perbaiki Kualitas Udara

SUARATERKINI, Jakarta, Truk berukuran jumbo mengaspal di jalanan Ibu Kota Jakarta, pada Sabtu, 30 September 2023. Warga Jakarta tampak memadati trotoar jalan hanya untuk menyaksikan mobil tersebut melewati salah satu ruas jalan di Jakarta.

Mobil truk tersebut berisi ratusan bibit pohon yang dibagikan ke warga Jakarta. Di bagian pinggir mobil tampak dipasang banner bergambar pohon disertai tagar “Gotong Royong Boyong Pohon.”

Truk ini merupakan milik BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID yang beroperasi menyebarkan bibit pohon di wilayah Jakarta. Aneka jenis bibit pohon berjejer rapi di dalam truk dan tinggal langsung dibagikan kepada warga.

“Kita membawa 500 bibit pohon yang terdiri dari alpukat, mangga, jeruk dan markisa,” ucap Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf, Sabtu (30/9/2023).

Program membagikan bibit pohon merupakan bagian dari tindak lanjut MIND ID dalam menyukseskan program Gotong Royong Boyong Pohon Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sebelumnya diinisiasi oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

BACA JUGA:  Harga Beras di PIBC Turun, Stok Beras Aman, NFA Minta Bulog Terus Banjiri Pasar

Menurut Heri, program penanaman pohon tersebut menjadi bagian dari upaya MIND ID dalam mengatasi masalah polusi udara di Jakarta.

“Inisiasi pembagian bibit pohon tersebut menjawab tantangan dan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghijaukan Jakarta sebagai solusi atas polusi di Ibu Kota Jakarta dengan cara membagikan bibit pohon yang dibawa dari luar Jakarta guna menjaga udara agar indeks kualitasnya masuk dalam zona sehat untuk dihirup,” katanya.

Heri menjelaskan, bibit pohon tersebut diboyong dari Bandung dan diterima di Kawasan Pembibitan Sentul untuk dibagikan ke 500 karyawan MIND ID. Nantinya, kata dia, dengan adanya upaya penanaman pohon di sekitaran Jakarta akan membantu dalam menghijaukan kembali Ibu Kota dan polusi udara yang kini tampak pekat di langit Jakarta bisa terus diminimalisir hingga kualitas udara di Jakarta masuk dalam zona sehat.

“Melalui gerakan pembagian pohon ini, MIND ID ikut langsung dalam menjawab tantangan juga arahan dari pak Presiden Jokowi untuk memulihkan kualitas udara di Jakarta. MIND ID terus memberikan nilai lebih untuk Indonesia,” katanya.

BACA JUGA:  Sinar Mas Land Gelar Festival Hijau BSD City Ke-17 secara Virtual

MIND ID terus berkomitmen dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan nol emisi karbon alias net zero emission (NZE) yang ditargetkan pada 2060. Selain tanam pohon di Jakarta, Grup MIND ID pun sudah melakukan berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam mendukung agenda pemerintah dalam memerangi krisis iklim.

Program menanam pohon ini juga merupakan kolaborasi program TJSL dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 1 (tanpa kemiskinan), nomor 6 (Air Bersih dan Sanitasi Layak), nomor 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), nomor 13 (Perubahan Iklim), nomor 15 (Kehidupan di Darat), dan nomor 17 (Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan).

Tak hanya itu, program ini sesuai dengan tujuan mulia (noble purpose) MIND ID yakni menambang untuk membangun peradaban, kesejahteraan masyarakat, dan masa depan yang lebih baik (We explore natural resources for civilization, prosperity, and brighter future).

redaksi.suaraterkini@gmail.com