SUARATERKINI, Tanjungpandan – Demi meningkatkan jaminan sosial bagi masyarakat Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Belitung Sahani Saleh menandatangani Addendum Kesepakatan Bersama (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Belitung dengan BPJS Ketenagakerjaan.

MoU tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial tersebut diharapkan dapat meningkatkan tarah hidup masyarakat melalui kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan di Belitung.

Bupati Belitung Sahani Saleh, mengatakan bidang ketenagakerjaan saat ini masih ada masalah karena masih banyaknya ketiadaan lapangan pekerjaan karena terdampak pandemi.

“Namun, patut disyukuri bahwa untuk yang masih bekerja, BPJS Ketenagakerjaan mendukung penuh,” katanya di Tanjungpandan, Rabu (24/3).

Dengan penandatanganan MoU ini, pihaknya berharap agar BPJS Ketenagakerjaan juga dapat menjadi sponsor bagi kegiatan-kegiatan pemda.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang, Agus Theodore menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi pemda Belitung karena sangat mendukung jaminan sosial bagi masyarakat Belitung.

“Pemda sangat mendukungterlaksananya jaminan sosial bagi masyarakat Belitung non ASN, pekerja formal dan non formal, begitu juga dengan tenaga kerja non penerima upah,” ujarnya.

Pihak berharap, pemda dapat membuat regulasi agar semua pegawai kontrak di OPD maupun swasta dapat diarahkan mengikuti kepesertaan BPJS, karena mudah dan murah.

“Hal ini terbukti bahwa kami memberikan santunan sebesar Rp 42juta kepada ahli waris dari peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal, padahal baru ikut kurang dari 2 tahun dengan iuran kurang dari Rp 20.000,” jelasnya.

Pihaknya mengharapkan juga agar kerjasama antara pemda Belitung dengan BPJS ketenagakerjaan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Belitung.

arapan selanjutnya yaitu agar pemda dapat meraih  Paritrana Award, yaitu penghargaan kepada pemerintah-pemerintah daerah yang berkomitmen untuk memberi jaminan sosial kepada masyarakatnya yang bekerja

“Pemda Belitung mudah-mudahan tahun ini mendapat Patriana Award, karena komitmennya yang sangat seriua mendukung jaminan sosial,” tutupnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here