SUARATERKINI, Tanjungpandan – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dalam bidang pernikahan dan manasik haji dan umroh, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Nizar meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Tanjungpandan dan Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Kab. Belitung

Gedung yang dibiayai dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tersebut diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam mengurus administrasi di Kanwil Kemenag Belitung.

“Mensyukuri selesai dibangunnya Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Tanjungpandan ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi pernikahan, umroh, dan haji,” ujar Sekjen Kemenag Prof. Nizar, Senin (8/3).

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Prof. Nizar meresmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Tanjungpandan dan Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Kab. Belitung

Walaupun saat ini masih dalam situasi pandemi sehingga untuk pelaksanaan haji masih menunggu keberhasilan vaksinasi dan izin dari Pemerintah Arab Saudi, namun peresmian gedung ini tetap syukuri.

“Apabila vaksin berhasil dan sudah ada izin dari Saudi, pelaksanaan haji akan segera dibuka kembali, dan masyarakat dapat memanfaatkan gedung Manasik Haji untuk persiapan sebelum umroh dan haji,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan pihaknya bersyukur sekali dengan diselesaikannya infrastruktur Gedung KUA dan manasik haji, karena dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami sebelumnya sangat mengharapkan gedung KUA ini selesai, karena peranan KUA sangat penting, karena keberlangsungan kehidupan berawal dari keluarga, sehingga keluarga sejahtera, daerah juga sejahtera,” tutupnya.

Dalam acara tersebut, karena terbatasnya waktu, Sekjen Kemenag selain menandatangani prasasti peresmian Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Tanjungpandan Kab. Belitung, juga menandatangani prasasti Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Kemenag Belitung.

Di tempat yang sama juga ditandatangani prasasti peresmian Gedung Asrama Terpadu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pangkalpinang, Gedung Mes Guru MAN Insan Cendekia Bangka Tengah, Gedung Perpustakaan dan Laboratoritum MAN Insan Cendekia Bangka Tengah, Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kec. Kepulauan Pondok Bangka Selatan. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here