SUARATERKINI, Tanjungpandan – Persediaan sapi potong di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, cukup sampai Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal tersebut berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung.

“Stok atau ketersediaan sapi potong mencapai 400 ekor, jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly di Tanjung Pandan, Selasa (20/4).

Pihaknya menuturkan, di akhir Bulan April nanti akan menerima kiriman sapi potong dari Lampung dan Madura.

“Stok tersebut kami pastikan cukup apalagi di akhir April nanti akan masuk sapi potong dari Lampung dan Madura guna memperkuat stok,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, jika dalam seminggu ada sebanyak dua kali pengiriman maka jumlah sapi potong yang akan masuk ke Kabupaten Belitung sebanyak 54 ekor.

“Sampai lebaran kita prediksi enam kali pengangkutan maka total seluruh sapi yang akan masuk dari lampung via Pangkal Pinang mencapai kurang lebih 150 ekor,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan memperkuat stok sapi potong guna memenuhi kehutuhan menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah sebanyak 80 ekor dari peternal lokal.

“Stok sapi potong yang ada di peternak lokal Desa Perpat Kecamatan Membalong ada sebanyak 80 ekor,” ujarnya.

Pihaknya menambahkan, jumlah rata-rata pemotongan sapi selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijiriah ada sebanyak 180 an ekor.

“Namun kami prediksi tahun ini ada peningkatan daya beli masyarakat seiring dengan pulihnya kondisi perekonomian masyarakat seperti naiknya harga lada dan timah” tutupnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here