SUARATERKINI, Jakarta,- Fakuktas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan salah satu tridarma perguruan tinggi berupa Program Pengabdian Masyarakat (PPM) bekerjasama PT. Budi Andhika Prima Ayudia (BAPA) Depok Jawa barat (17/2).

Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) Uly Amrina, ST., MM Uly dalam webinarnya mengatakan, Implementasi nyata dari sistem ERP (Enterprise Resource Management)pada UMKM, maka tim pengabdian masyarakat menggunakan PT. Budi Andhika Prima Ayudia (BAPA) yang bergerak di bidang kosmetik perawatan tubuh Cinere, Depok baru berdiri di akhir tahun 2017. Meskipun baru 3 tahun berjalan, BAPA memiliki beberapa customer dengan sistem B2B yang secara rutin melakukan order dalam jumlah besar dan varian kosmetik perawatan tubuh yang bermacam-macam.

“Saat ini semua sistem informasi perusahaan masih berdasarkan manual (hanya menggunakan microsoft excel), yang menyebabkan beberapa permasalahan seperti adanya perbedaan data transaksi, kesalahan pencatatan, kelebihan order, dan lain-lain. Untuk membenahi akurasi sistem informasi perusahaan, tim pengabdian UMB mengimplementasikan ERP dengan aplikasi Odoo” jelas Uly

Senada dengan Uly, dua narasumber lain yakni Muhammad Isa Lufti, ST., MMT dan Dr. Ir. Agung Terminanto, MBA juga berharap pemahaman dan pelatihan ini dapat meningkatkan awareness dan motivasi semua pengusaha UMKM untuk mengimplementasi ERP sebagai bagian dari strategi untuk mencapai UMKM yang sustainable. Dari perpektif profit, ERP membantu program efisiensi biaya dengan meningkatkan akurasi data dan mempercepat proses bisnis perusahaan, ucapnya.

“Dengan Sistem Informasi yang Terintegrasi dengan ERP, UMKM dapat meningkatkan skill dan kemampuan SDM dalam pemanfaatan teknologi informasi. Hal tersebut akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja UMKM. Dan dari perspektif planet, ERP mengurangi penggunaan kertas yang menunjukkan kontribusi terhadap kelestarian hutan Indonesia, pungkas Uly.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here