SUARATERKINI, Jakarta – PT Sharp Electronics Indonesia baru-baru ini dianugerahkan penghargaan Indonesia PR of the Year 2019 – penghargaan bergengsi di bidang PR yang diusung oleh majalah MIX Marcomm.

Diberikan atas berbagai strategi, dari mengelola medianya sendiri hingga rutin mengadakan apresiasi tahunan bagi jurnalis.

Pada dasarnya penghargaan Indonesia PR of the Year 2019 tidak terbatas hanya pada usaha departemen PR. Kami melihat membangun citra positif perusahaan merupakan upaya seluruh pihak, termasuk seluruh karyawan Sharp Indonesia.

Selama ini, kami selalu berupaya untuk mendorong karyawan untuk terlibat dalam berbagai usaha PR yang kami lakukan. Caranya dengan hal-hal mudah, mulai dari membagikan informasi dan produk di sosial media masing-masing, hingga mengikutsertakan diri pada pembuatan majalah internal kami,” tutur Pandu Setio, Senior PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia saat menerima penghargaan yang diterima pada Kamis (12/12) lalu.

Dijelaskan Pandu, penghargaan yang ditujukan untuk praktisi, akademisi, agensi komunikasi, dan seluruh pihak yang berperan dalam PR Indonesia, Sharp Indonesia memboyong dua penghargaan berbeda.

Yang pertama adalah kategori ‘Best Owned Media’ untuk majalah internal perusahaan yang dinamakan BE SHARP. Kemenangan ini membawa Sharp Indonesia untuk bersanding dengan empat majalah internal dan eksternal lain di bidang berbeda, seperti FMCG, transportasi, hingga merek asuransi,” paparnya.

Sementara, kategori ‘Best Owned Media’ diberikan kepada setiap internal media yang dimiliki dan dikelola perusahaan untuk mendukung pembangunan citra dan reputasi perusahaan.

Majalah BE SHARP sendiri merupakan majalah yang dikelola oleh internal PR Sharp Indonesia sebagai media komunikasi untuk memperat hubungan antar karyawan di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Ket Foto : Pandu Setio, Senior PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia saat menerima penghargaan yang diterima pada Kamis (12/12) lalu.

Ditambahkan Pandu, dengan total ± 3.085 karyawan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, tentu bukan perkara mudah bagi Sharp Indonesia untuk menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik antar sesama karyawan.

Hal ini termasuk berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh karyawan baik yang berkaitan dengan kegiataan perusahaan di kota cabang atau pun kegiatan yang bersifat rekreasi dari masing-masing karyawan.

Oleh karena itu, Sharp Indonesia mencoba menggabungkan berita yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan dengan kegiatan karyawan,” imbuhnya.

Untuk menarik perhatian karyawan, Sharp Indonesia membuka kesempatan bagi seluruh karyawan untuk berpartisipasi mengirimkan karyanya. Karyawan di seluruh Indonesia dapat menjadi penulis dengan menceritakan pengalaman seru liburannya bersama karyawan lain hingga mengekspresikan dirinya dengan menulis karya seperti puisi maupun artikel. Selain itu, BE SHARP juga menawarkan konten lainnya seperti Kuis, Wall of Fame (untuk cabang berprestasi), dan banyak lagi.

BE SHARP tersebar di 25 kantor cabang di Indonesia dan terpampang sebagai salah satu bacaan yang dapat dinikmati oleh konsumen yang mengunjungi kantor Sharp Indonesia. “Selama ini BE SHARP selalu ditunggu-tunggu oleh karyawan, mereka tidak hanya menunggu untuk membacanya, tetapi juga berkontribusi di dalamnya.

Dalam sebuah survey yang dilakukan secara internal kami juga menangkap bahwa 90% karyawan menyetujui BE SHARP mampu memenuhi ragam informasi perusahaan, bahkan 68% karyawan mengakui BE SHARP mampu meningkatkan kepercayaan terhadap Sharp Indonesia,” tambah Pandu.

Selain prestasi BE SHARP, Sharp Indonesia turut bersuka cita atas kemenangan yang dianugerahi kepada salah satu karyawan terbaiknya yaitu Pandu Setio yang dianugerahi ‘Senior PR Practitioner of the Year 2019’. Kegigihan dan kecintaan pada Sharp Indonesia sukses membawa perusahaan ke citra yang lebih baik dan juga digemari oleh banyak jurnalis nasional maupun lokal.

Indonesia PR of the Year merupakan penghargaan tahunan di bidang PR yang telah diselenggarakan selama 13 tahun lamanya. Penilaian Indonesia PR of the Year dilakukan terhadap lebih dari 130 program PR di Indonesia.

Penjurian dilakukan oleh panel pakar yang berasa dari akademisi, praktisi, dan media, serta polling para jurnalis. Adapun panel juri tahun ini terdiri dari Bambang Sumaryanto (ex-Communications Director P&G Indonesia), Dr. Edhy Aruman (Senior Editor SWA), Sarita Sutedja (Founder Warunk Upnormal), Dyah Hasto Palupi (Senior Editor SWA), Gesille S. Buot (Cofounder ASEAN PR Network), dan Teguh Poeradisastra (Senior Editor SWA & Managing Director Spot Communications).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here