Sanlat Ceria Ramadhan 1444 H, Tanamkan Nilai-Nilai Agama Sejak Dini

SUARATERKINI, Jakarta – Pesantren Kilat (sanlat) Ramadhan secara tidak langsung memberikan manfaat bagi para peserta didik ataupun para warga sekolah.

Alhamdulillah tahun ini 2023, SD Angkasa 12 yang berlokasi di Jl Gatot kaca, komplek dirgantara Halim Perdanakusumah Jakarta Timur mengadakan pesantren kilat (sanlat) ceria ramadhan 1444, Rabu-Kamis tanggal 14-15 Ramadhan bertepatan tanggal 05-06 April 2023 .

Sebelum kegiatan sanlat, di adakan pembiasaan Angkasa Cerdas Spiritual (ACS) sholat dhuha, tadarus bersama yang di pandu Anugrah Widhy, S.Fil.I selaku guru PAI.

Aam Nurdiana, S.Pd.I selaku kepala sekolah dalam sambutannya,
“Tujuan diadakannya kegiatan sanlat ini adalah agar menjadikan peserta didik lebih paham agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika dijabarkan, maka tujuan dari pesantren kilat ini adalah meningkatkan pemahaman agama Islam, peserta didik akan diberikan pemahaman, yang pada akhirnya akan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran-ajarannya sendiri adalah ajaran yang bisa menjadikan peserta didik lebih beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Peserta didik dapat mendalami, serta memantapkan ajaran agama Islam agar bisa menetap dan terpatri menjadi sebuah karakter dan kebiasaan. Ajarannya sendiri seperti mengenai keimanan, ibadah, akhlak dan materi Al-Qur’an.

BACA JUGA:  Acer Smart School Awards 2022, Apresiasi Penerapan Teknologi di Sekolah

Dan terakhir mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, tutupnya.

Materi inti oleh Ust Ulil Arfa, selaku Guru PAI,
beliau menyampaikan materi hikmah puasa ramadhan,
” Hikmah puasa Ramadhan bagi umat Islam bisa memperbanyak amal dan membentuk kepribadian umat muslim yang bertaqwa. Ibadah puasa Ramadhan juga memiliki banyak hikmah dan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah yang paling mulia bagi umat muslim di seluruh dunia.

Setelah materi anak-anak membuat kreasi kartu ucapan lebaran yang di pandu oleh Wintarti guru kelas 6a dan para wali kelas.

Kegiatan sanlat di lanjutkan esok, dan kegiatannya nonton film islami, doa bersama untuk kelas 6 sukses US dan buka puasa bersama. (Rep/Her)