Suaraterkini, Jakarta,-  Melalui proses seleksi, 10 peserta yang mewakili beberapa Universitasnya diperlombakan di Universitas Darma Persada, Jakarta, (7/12).

Bertajuk Lomba Pidato Bahasa Jepang Ke-4 tingkat Universitas, diikuti oleh beberapa kampus dari seluruh Indonesia seperti Universitas Indonesia, Univ. Gajah Mada, Univ. Brawijaya dan beberapa Universitas lainnya. Masing-masing Universitas diwakilkan oleh satu Mahasiswanya yang sudah diseleksi oleh pihak penyelanggara acara.

“Sebelumnya tiap kampus itu mengirimkan 5 Mahasiswa beserta karangan pidatonya, namun kami dari pihak penyelenggara hanya memilih 1 yang terbaik untuk diperlombakan hari ini.” Kata Ari Artadi, selaku Ketua Panitia acara.

Dibuka dengan Penampilan Seni Tari pada pukul 13:00, Graha Wira Bakti dipenuhi oleh para tamu undangan baik dari perwakilan kampus ataupun dari pihak sekolah yang ada sekitar Universitas Darma Persada. “Selain mengundang dari pihak Universitas acara ini juga mengundan dari pihak sekolah sebagai tamu agar nantinya bisa memberikan semangat terhadap siswa-siswanya dalam menerapkan bahasa jepang.” Tambah Ari.

Menggandeng Universitas Hiroshima, Jepang, serta Yayasan Transportasi Komaru dan Perusahaan Logistik Fukuyama, Persada (Perimpunan Alumni Dari Jepang) juga Universitas Darma Persada berharap acara ini dapat meningkatkan meningkatkan pendidikan bahasa Jepang di Indonesia.

Universitas Darma Persada dinyatakan sebagai pemenang pertama dalam Lomba Pidata Bahasa Jepang yang ke-4 ini. Rizka Ramadhani sebagai perwakilan dari UNSADA berhasil memukau juri dengan penampilannya. Disusul oleh Fardan Beliansyah Walyadani dari UGM di posisi kedua, di peringkat ketiga diraih oleh perwakilan Universitas Airlangga, Nabila Rizky Amalia.

“Kami berharap dengan adanya Lomba Pidato Bahasa Jepang ini bisa memberikan motivasi khususnya terhadap para pelajar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa jepang yang nantinya akan mampu membuat ikatan Indonesia dengan Jepang semakin erat.” Imbu Ari.

Direktur Fukuyama Transporting Co. LTD, Komaru Shigehiru juga menyampaikan bahwa kegiatan Lomba Pidato Jepang ini ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan bahasa Jepang yang ada di Indonesia sebagai dasar dari hubungan antara Indonesia dan Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here