SUARATERKINI, Jakarta – Setelah pemerintah melonggarkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) khususnya di DKI Jakarta, peningkatan penyebaran Covid-19 justru terjadi di Rumah sakit dan Komunitas.

Melihat klaster baru penyebaran Covid-19, di komunitas yang cukup tinggi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk penyuluhan kepada komunitas sepeda Gowes6 di Jakarta secara virtual beberapa waktu yang lalu sebagai wujud dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, kata Wakil Dekan III FKG Usakti, drg Abdul Gani Soulisa, MPH baru-baru ini.

Pada pandemi saat ini, minat masyarakat berolahraga sepeda makin tinggi, meskipun olahraga bersepeda tidak menyebarkan covid-19 secara langsung karena sendiri-sendiri dan berjarak, namun setelah bersepeda kadang masyarakat abai terkait protokol kesehatan,” jelas Soulisa yang juga ketua kegiatan PkM FKG Usakti ini.

Acara virtual yang diikuti 25 komunitas Gowes6 berlangsung menarik, bahkan antusiasme komunitas sepeda tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Beberapa anggota komunitas Gowes6 mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan, dan ingin diadakan kembali penyuluhan.

Pada PkM kali ini drg Abdul Gani Soulisa di bantu beberapa dosen, mahasiswa dan alumni diantaranya Dr. drg. WIta Anggraini, M.Biomed, Sp.Perio dan Dr. drg. Sri Ratna Laksmiastuti, Sp.KGA, dan drg Aboy.

Dengan kegiatan PkM ini, drg Soulisa berharap komunitas Gowes6 dapat tetap berolahraga tanpa takut terpapar Covid-19, karena menjalankan protokol kesehatan secara ketat, sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here