Penuhi Kebutuhan Ibu Hamil, Anmum Lite Hadir Dengan Nutrisi Lengkap dan Lebih Rendah Lemak

AdvertisementAds Sharp

Jakarta, Anmum, produk susu kehamilan yang diproduksi oleh PT Fonterra Brands Manufacturing Indonesia, memperkenalkan Anmum Lite, susu kehamilan lebih rendah lemak pertama di Indonesia. Anmum Lite diformulasikan untuk menjawab kebutuhan ibu hamil, khususnya di wilayah perkotaan pada susu kehamilan bernutrisi lengkap dengan lebih rendah lemak dan tanpa tambahan gula, sehingga mendukung kehamilan yang sehat bagi ibu dan janin.

Inovasi Anmum Lite diperlukan karena data Maternal Nutrition Southeast Asia Regional Report 2021 tentang Nutrisi Ibu dan Makanan Pendamping menyebutkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat maternal overweight tertinggi di antara enam negara lain di Asia Tenggara. “Pada masa kehamilan, tubuh ibu membutuhkan asupan nutrisi makro dan mikro tertentu yang lebih banyak dari kondisi biasanya, seperti protein, zat besi, zinc, asam folat, kalsium, dan berbagai vitamin lainnya. Penambahan berat badan yang sehat dan pemenuhan nutrisi yang tepat dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat. Namun, penambahan kuantitas konsumsi makanan tanpa memerhatikan jenis nutrisi yang tepat dapat menimbulkan berat badan berlebih. Kondisi ini bisa menimbulkan risiko pada kesehatan ibu, misalnya risiko diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, dan preeklamsia.” jelas dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr. Boy Abidin, SpOG(K)-FER.

Pemenuhan jenis nutrisi yang kurang tepat juga tentunya memberikan risiko bagi janin, yakni gangguan tumbuh kembang setelah lahir atau stunting. Pencegahan stunting perlu dilakukan sejak 1,000 hari pertama kehidupan – dimulai dari awal masa kehamilan. Pemerintah juga terus mengampanyekan pemenuhan nutrisi seimbang saat kehamilan untuk mengurangi angka stunting di Indonesia. Tingginya maternal overweight dan kebutuhan untuk pencegahan stunting dapat dijawab dengan konsumsi nutrisi yang tepat untuk ibu hamil. Pemenuhan nutrisi bisa terpacai salah satunya dengan konsumsi susu khusus ibu hamil yang lebih rendah lemak.

BACA JUGA:  Bersihkan Wajah dengan Amino Acid, Tidak Hanya Bikin Cerah Tapi Murah

Berbicara lebih dalam tentang preferensi ibu hamil, dalam penelitian yang dilakukan Lembaga Riset Independen tahun 2021-2022 terhadap 600 ibu hamil berusia 20-40 tahun di 9 kota besar di Indonesia, ditemukan bahwa aspek “tidak menambah berat badan saya saat hamil” menjadi salah satu dari lima pertimbangan utama ibu hamil dalam memilih susu kehamilan. Temuan ini menandakan bahwa ibu hamil di Indonesia juga mulai menyadari kebutuhan untuk menjaga berat badan yang sehat sambil memastikan nutrisi kehamilan terpenuhi.

Menjawab kebutuhan ini, Anmum memperkenalkan susu ibu hamil rendah lemak pertama di Indonesia. Anmum Lite yang mengandung nutrisi lengkap dengan kandungan 25% lebih rendah lemak, tanpa tambahan gula, dengan total 100 kkal per gelasnya. Anmum Lite dilengkapi dengan nutrisi kehamilan yang diperlukan ibu yakni 8 zat gizi makro dan mikro termasuk energi, protein, asam folat, zat besi, iodium, kalsium, serat pangan, dan zink, untuk mencapai kehamilan yang sehat. Pemenuhan variasi nutrisi tersebut mendukung delapan (8) tanda kehamilan yang sehat, berkembangnya otak janin, pertumbuhan sel-sel janin, munculnya fungsi otot, fungsi pencernaan dan fungsi imunitas yang baik, adanya metabolisme energi, kepadatan tulang dan gigi, hingga terhindar dari anemia.

BACA JUGA:  Inilah Fitur Unggulan yang Disematkan pada Penjernih Udara Sharp Purefit Series FX-S120Y

“Dengan 21 tahun pengalaman menjawab kebutuhan nutrisi ibu dan anak, para peneliti senior yang terdiri dari ahli gizi dan ahli teknologi pangan di pusat penelitian Fonterra mengembangkan Anmum Lite, susu fortifikasi dengan 25% lebih rendah lemak, tanpa tambahan gula, hanya 100 kkal per gelas, serta dilengkapi dengan nutrisi lengkap 8 zat gizi penting untuk kehamilan. Meminum Anmum Lite dua gelas sehari nutrisinya setara dengan konsumsi 1 porsi makanan tambahan gizi seimbang ibu hamil, tentunya dengan kandungan lemak yang lebih rendah. Susu Anmum Lite juga bisa dinikmati di beragam kesempatan, contohnya sebagai teman camilan dengan menu sehat dan bergizi lainnya.” kata Haryadi Raharjo, Scientific & Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia.

Selain kandungan nutrisi yang lengkap, Anmum Lite hadir dengan rasa coklat premium yang lezat, karena campuran rasa manis dan gurih yang pas untuk mencegah rasa mual pada ibu. “Memang kekhawatiran ibu hamil pada konsumsi produk susu ibu hamil biasanya menimbulkan rasa mual. Tapi justru produk Anmum Lite dengan rasa coklat premium ini rasanya enak dan pas, bahkan bisa dijadikan teman untuk snacking contohnya Chocolate Banana Smoothies.” ujar Kesha Ratuliu, aktris yang tengah mengandung anak kedua.

BACA JUGA:  Ajak Masyarakat Terus Bergerak Aktif, Anlene Kampanyekan “Usia Bukan Halangan”

Untuk mencapai kehamilan yang sehat, ibu hamil sebaiknya tetap melakukan olah raga ringan seperti yoga dan senam, sekaligus menjaga pola makan bergizi seimbang. “Tumpeng gizi seimbang dari Kementerian Kesehatan yang sudah memetakan porsi ideal dari tipe-tipe makanan bisa menjadi sumber referensi terbaik dalam mengatur pola makan yang tepat pada masa kehamilan. Kuncinya ada pada variasi dan jumlah makanan yang dikonsumsi, serta aktivitas fisik sesuai kondisi tubuh. Konsumsi makanan minuman bukanlah tentang kuantitas, namun lebih kepada kualitas. Kombinasi makanan dengan susu kehamilan bisa menjadi solusi bagi ibu hamil yang ingin memenuhi nutrisi lengkap tapi kesulitan memenuhi asupan dari makanan pokok karena merasakan mual dan tantangan lainnya. Susu kehamilan bisa menjadi pilihan dalam meyakinkan kebutuhan gizi tubuh ibu hamil dan janin terpenuhi.” tambah dr. Boy Abidin, SpOG(K)-FER.

Anmum Lite kini tersedia dalam ukuran 180 gram dan 360 gram yang bisa ditemukan di supermarket dan minimarket terdekat di seluruh Indonesia. Produk ini juga tersedia di online marketplace dengan mengunjungi Fonterra Official Store di Tokopedia, Shopee, dan Lazada. (Rep/Her)