SUARATERKINI, Tanjungpandan – Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, termasuk salah satu dinas yang melakukan refocusing (pengalilhan) anggaran terhadap program yang telah dibuat pada tahun 2021 ini. Hal ini, karena pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga anggaran difokuskan pada pemulihan ekonomi dan kesehatan akibat Covid-19.

Kabid Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Belitung Rohili mengatakan ada beberapa kegiatan pada kalender event Kabupaten Belitung yang tidak dapat dilaksanakan karena adanya refocusing anggaran Pemerintah Kabupaten Belitung.

“Refocusing tersebut sangat diperlukan dalam rangka pemulihan ekonomi dan kesehatan karena Covid-19,” ujar Rohili di Tanjungpanan, Senin (31/5).

Kabid Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Belitung Rohili

Menurutnya, kegiatan-kegiatan yang sifatnya akan berpotensi mengumpulkan orang banyak dan kemungkinan kontak fisik tidak dapat dihindari, tidak dapat dilaksanakan selama tahun 2021 ini.

“Jangan sampai kegiatan tersebut dilaksanakan dan menjadi ekses penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Ia melanjutkan, kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya adalah Festival Tanjung Kelayang, Belitung Creative Weeks, Pemilihan Bujang Dayang Belitung, dan ada beberapa kegiatan yang sifatnya pameran ke luar daerah.

“Sementara untuk bazaar dan festival lainnya, masih melihat sebaran Covid dan situasi pandemi. Jika dalam triwulan 2-3 masih dalam situasi penyebaran Coovid-19 yang memburuk, festival tidak dapat dilaksanakan,” lanjutnya.

Namun demikian, apabila penyebaran Covid-19 melandai dan cenderung menurun, pihaknya kana melihat lagi kemampuan anggaran Pemerintah Kabupaten Belitung.

“Jika anggaran memadai, kegiatan tersebut bisa dimasukkan lagi ke dalam anggaran perubahan triwulan ke-4,” katanya.

Refocusing anggaran yang di alami Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung yakni kurang lebih sekitar Rp 2 miliar dimana anggaran tersebut dialihkan ke penanganan penyebaran Covid-19. Kabupaten Belitung yang masih berada di zona merah penyebaran Covid-19 mau tidak mau harus melaksanakan refocusing terhadap anggaran pemerintahan di beberapa bidang. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here