SUARATERKINI, Tanjungpandan – Varian baru Covid-19 yaitu delta yang sudah masuk ke Kabupaten Belitung membuat Pemerintah Daerah Belitung memperketat tracing pada setiap kasus di daerah tersebut.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan tracing diperketat karena virus covid varian delta telah masuk.

“Jika terpapar 1 orang, akan langsung dilakukan tracing terhadap 15 orang, satgas akan langsung datang ke lokasi-lokasi, misal di satu RT ada yg terpapar, langsung dilakukan swab antigen kepada yang kontak dan masyarakat sekitar,” ujar Bupati setelah meninjau pelaksanaan tracing di Kantor Desa Air Saga, Kec. Tanjungpandan, Kamis (19/8).

Menurutnya, pelaksanaan tracing untuk varian delta melalui swab antigen dan isolasi terpadu akan dilakukan secara lebih terfokus dan terkoordinir.

“Semua turun mulai dari dinas kesehatan, babinsa, babinkamtibmas, puskesmas, desa, dusun, sampai RT,” lanjutnya.

Ia melanjutkan, bagi warga yang positif antigen, akan langsung dibawa ke ruang isolasi terpadu di SKB.

“Saat ini baru terisi 5 orang di SKB, sementara kapasitas SKB untuk 36 orang. Jika SKb sudah terpenuhi baru pasien selanjutnya dibawa ke isoter di SMK 2,” katanya.

Sementara itu, Kabid P2P Dinkes Belitung, Joko Sarjono mengatakan bahwa swab antigen dikenakan secara acak terhadap 34 orang di sekitar Desa Air Saga.

“Telah ditesting 34 orang di Posko Covid Desa Air Saga dengan 4 orang positif dan 30 orang negatif. Keempat orang tersebut akan dibawa ke SKB dan isolasi di Posko Covid Air Saga,” ujar Joko. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here