SUARATERKINI, Tanjungpandan – Terlepas dari pandemi Covid-19 yang belum juga usai, daya tarik Pulau Belitung masih mampu mengundang ribuan wisatawan berkunjung.

Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah kunjungan wisatawan di Belitung pada triwulan pertama tahun 2021 mencapai 32.885 orang.

“Walaupun jumlah kunjungan ini sedikit namun setidaknya masih terlihat bahwa Belitung tetap menarik bagi wisatawan yang berkunjung dari luar daerah,” kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Belitung, Rohili di Tanjung Pandan, Kamis (3/6).

Rohili menambahkan, dari jumlah tersebut, kunjungan wisatawan domestik mendominasi dengan sebanyak 32.452 orang, sementara wisatawan mancanegara sebanyak 433 orang.

Namun demikian menurut dia, di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Belitung jauh menurun jika dibandingkan dengan kondisi dua tahun sebelumnya.

“Tetapi jika dibandingkan dengan daerah lain, kunjungan wisatawan di Belitung masih lumayan bagus,” ujarnya.

Pihaknya berharap Covid-19 segera melandai sehingga pariwisata kembali normal.

Dari jumlah tersrhut, rinciannya adalah jumlah kunjungan wisatawan di bulan Januari terdiri dari wisatawan domestik sebanyak 9.333 orang dan mancanagera sebanyak 56 orang sedangkan bulan Februari kunjungan wisatawan domestik sebanyak 9.191 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 120 orang.

“Sementara jumlah kunjungan wisatawan domestik di bulan Maret sebanyak 13.928 dan wisatawan mancanegara sebanyak 257 orang,” katanya.

Dia melanjutkan, walaupun pandemi Covid-19 masih melanda pihaknya tetap melakukan promosi wisata kepada calon wisatawan di luar daerah melalui “digital campaign” atau promosi digital.

“Kami tetap mempromosikan potensi keindahan pariwisata Belitung, utamanya melalui digital dan kami yakin wisatawan akan tetap berkunjung ke sini Belitung karena keindahan Belitung yang sudah melekat di hati wisatawan” ujarnya. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here