SUARATERKINI, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang juga anggota Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Kak Zainudin Amali secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka 2020 di Gedung Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Rabu, (19/2/20).

Dalam sambutannya, Menpora Kak Zainudin Amali, mengatakan,” pemerintah terus mendorong Pramuka di Nasional, Daerah, Cabang dan Ranting terus meningkatkan kepedulian sosial dalam bentuk kegiatan bakti masyarakat (community service) dan pembangunan masyarakat (community development) di daerahnya, secara berkala.

Termasuk ikut berperan dalam penanggulangan bencana, mengingat Indonesia berada di wilayah Ring of Fire yang rentan bencana alam,” ujar Menpora.

Dilanjutkan Menpora, Gerakan Pramuka selama ini sudah melakukan pendidikan karakter, keterampilan hidup dan meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani bagi anggotanya.

Sejak dini dalam golongan Pramuka Siaga ada upacara dan memberi hormat ketika bendera merah putih masuk dalam lingkaran. Pembina mengajarkan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan. Itu juga bentuk dari bela negara.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Pramuka, Budi Waseso mengatakan, rakernas kali ini mengambil tema: Peningkatan peran gerakan pramuka dalam bela negara dan penanggulangan bencana.

Dia berharap, gerakan pramuka menjadi yang terdepan untuk mengatasi masalah-masalah ujaran kebencian. “Gerakan pramuka diharap selalu terdepan membela negara, mampu mengatasi penyebaran berita bohong, hingga soal penyalahgunaan narkoba, serta meningkatkan kepedulian sesama, bakti kepada masyarakat, dan ikut berperan menanggulangi bencana,” kata Budi Waseso.

Tentu saja kita harus siap bantu. Kemudian, kita berharap gerakan pramuka dapat membantu pendidikan yang mengarah karakter, sehat, jasmani, dan rohani. Untuk itu, gerakan pramuka harus diperkuat. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here