SUARATERKINI, Bekasi – LSPR menggelar perhelatan khidmat untuk melantik wisudawan secara virtual bertajuk ‘LSPR Virtual Graduation Ceremony Class of 2020’ di The Amani Palladium Theatre – LSPR Kampus Bekasi, 26 November 2020 lalu.

Hingga tahun ini LSPR berhasil meluluskan 867 wisudawan berasal dari Post Graduate Programme, Mass Communication, Digital Media Communication & Advertising, and Performing Arts Communication, Public Relations, Marketing Communication, and lnternational Relations.

Jajaran senat LSPR mengikuti seluruh rangkaian prosesi wisuda di The Amani Palladium Theatre – LSPR Kampus Bekasi, sementara seluruh wisudawan mengikuti wisuda secara online di kediaman masing-masing didampingi orang tua/wali.

Rangkaian acara wisuda disajikan dengan mengedepankan atmosfer yang khidmat dengan melibatkan peran serta orang tua untuk memindahkan ‘kuncir toga’, sebagai simbol bahwa para wisudawan siap menjadi individu kreatif, imajinatif dan inovatif yang memiliki landasan pengetahuan yang ditempa selama menuntut ilmu di LSPR.

Hadir melalui media online sebagai keynote speech adalah Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Demikian pula Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc Kepala LLDIKTI Wilayah III, memberikan sambutan melalui media online.

Turut dirangkai dalam wisuda virtual ini adalah inspirational speech oleh Angkie Yudistia, M.Si Staf Khusus Presiden RI (LSPR Alumni Batch IX). Dalam prosesi pembukaan acara wisuda secara virtual ini sambutan diberikan oleh Dr. Janette M Pinariya Head of Committee of LSPR Graduation Ceremony, dilanjutkan oleh Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR Founder & CEO of LSPR Communication & Business Institute, dan Dr. Andre Ikhsano, M.Si Rector of LSPR Communication & Business Institute. Kemal Effendi Gani Ketua Pembina Yayasan Pesona Pribadi Sejahtera, juga turut menghadiri wisuda yang dikemas secara virtual ini.

Prof. Dr. Agus mengapresiasi LSPR yang telah mendukung kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka melalui berbagai kegiatan positif selama pandemi.

Misalnya menyelenggarakan webinar-webinar yang bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen, melakukan pembelajaran daring, kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk bakti sosial, jalinan kerja sama, penelitian, dan berkontribusi dalam kegiatan kerelawanan COVID-19.

“Kami meyakini, bahwa LSPR sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang bermutu, unggul, termasuk lulusannya yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan soft skill yang mumpuni”, ungkapnya dalam kata sambutan.

Ia menguraikan bahwa saat ini adalah momen bagi insan Pendidikan Tinggi menjadikan pandemi COVID-19 sebagai lompatan baru menuju pemulihan ekonomi. Seperti yang dikemukakan oleh Dirjen Dikti-Kemendikbud, melalui ekosistem reka cipta Indonesia.

“Kita semua berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan, untuk mendorong peran dunia industri dalam melahirkan para inovator Perguruan Tinggi.

Ada 3 hal yang perlu kita bersama-sama sadari dalam disrupsi yang mengglobal ini; pertama adalah adaptasi dari transformasi digital, kedua adalah inovasi Perguruan Tinggi yang dihasilkan, ketiga adalah membuat keterbatasan menjadi peluang untuk melakukan reka cipta”, jelasnya.

Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, karena telah melaksanakan wisuda dengan baik. Salam sehat, Kampus Merdeka, Indonesia Jaya!”, tambahnya.

Rasa bangga dan apresiasi juga terungkap dalam sambutan Prita Kemal Gani. Ia menyatakan bahwa prestasi para wisudawan diyakini juga membanggakan para orang tua.

Anda saat ini telah menjadi bagian dari komunitas intelektual Bangsa Indonesia, oleh sebab itu gunakanlah dan amalkanlah pengetahuan anda untuk mengubah dunia menjadi lebih baik lagi.

LSPR telah melatih mahasiswa untuk menjadi lulusan yang siap berkarya, dengan proses belajar mengajar yang mumpuni, serta extra kurikuler yang beragam yang menjadikan anda trampil”, ujarnya.

Ia juga menyatakan, “dalam merajut masa depan, “Perilaku” sama pentingnya dengan “Pengetahuan” dan “Ketrampilan” anda. Jadilah orang yang di sukai banyak orang, jagalah sikap dan tutur kata serta tepatilah janjimu. Sesungguhnya, orang suka membeli dari orang-orang yang di sukainya”.

Terkait dengan kegiatan kampus selama masa pandemi, Prita bercerita bahwa proses belajar mengajar online akhirnya dapat berjalan dengan baik dengan hasil yang baik.

Proses pengerjaan skripsi, thesis dan karya, sampai dengan sidang-sidang ujian akhir yang dilakukan secara online juga dapat berlangsung dengan baik.

“Semua berkat kerja sama yang baik antara mahasiswa, dosen, staf dan manajemen juga seluruh sivitas akademika LSPR. Hingga akhirnya kita bertemu di sini, di acara Virtual Graduation 2020”, ujarnya dengan penuh rasa bangga.

Sementara itu dalam sambutannya, Dr. Janette memaparkan bahwa setiap lulusan harus terampil agar dapat berkompetisi dan siap memasuki dunia sosial yang pastinya mengalami perubahan signifikan akibat pandemi.

“Lengkapi diri dengan jiwa yang terampil dan memiliki leadership, flexible & adaptable, critical thinking, tech savvy, communication & emotional intelligent, creativity & innovation,” ujarnya.

Sementara itu, dalam mempersiapkan wisuda tahun ini tentunya sangat berbeda dengan penyelenggaraan wisuda sebelumnya. Namun meski para senat melakukan prosesi wisuda di lokasi, protokol kesehatan sangat diutamakan termasuk seluruh panitia wisuda, senat dan pengisi acara melakukan PCR Swab – Sars Cov 2 Antigen.

“Kami siap melaksanakan virtual graduation dengan protokol kesehatan”, tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here