Logitech Sight, Kamera Berbasis AI Buat Meeting Hybrid Terasa Lebih Nyata

AdvertisementAds Sharp

SUARATERKINI, Jakarta – Logitech baru saja meluncurkan Logitech Sight, sebuah kamera tabletop bertenaga AI yang dapat digunakan bersama dengan kamera Rally Bar atau Rally Bar Mini. Kamera ini dirancang untuk menangkap perspektif terbaik dari peserta rapat dan memantau percakapan saat terjadi pergerakan di dalam ruang pertemuan.

Dalam era kerja hybrid saat ini, sebanyak 43% karyawan yang bekerja dari jarak jauh mengaku merasa kurang terlibat. Logitech Sight hadir untuk mengatasi kesenjangan ini dengan memberikan pengalaman “seolah-olah berada di meja pertemuan” kepada para karyawan yang bekerja dari jarak jauh saat berinteraksi dengan rekan kerja di kantor.

Bayu Eko Susetio, B2B Lead Logitech Indonesia mengungkapkan,” pekerja saat ini tidak lagi terikat pada keterbatasan harus berada di rumah dan berkomunikasi melalui video dengan format kotak yang sama seperti saat masa puncak pandemi kemarin.

Dalam era kerja hybrid, dimana pekerja kantor dan pekerja jarak jauh bekerja bersama, tantangan meningkat menjadi bagaimana menciptakan pengalaman yang setara bagi semua orang.

“Logitech Sight, ketika digunakan bersama Rally Bar atau Rally Bar Mini, telah menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengatasi masalah ini dengan pendekatan yang berbeda dari yang biasanya ditemukan di Silicon Valley, lebih seperti pendekatan yang digunakan di Hollywood yang memanfaatkan berbagai sudut kamera dan pengarahan yang cerdas untuk membawa peserta jarak jauh secara imersif ke dalam ruangan rapat.

BACA JUGA:  Kalbe Luncurkan Dua Pemeriksaan Genetik FitGENME

Selain itu, konsumen kami telah mengidentifikasi hal ini sebagai salah satu masalah terbesar dalam sistem kerja hybrid yang perlu dipecahkan untuk memperbaiki pengalaman ‘kembali ke kantor’ bagi seluruh tim.

Kami yakin bahwa melalui penelitian bertahun-tahun dan masukan dari pengguna, kami telah berhasil memecahkan masalah penting yang harus diatasi oleh organisasi dalam berbagai skala,” jelas Bayu Eko Susetio.

Logitech Sight adalah inovasi terbaru dalam rangkaian inovasi Logitech yang bertujuan untuk menciptakan kesetaraan bagi semua pekerja, terlepas dari apakah pekerja memilih untuk berkolaborasi dari kantor, rumah, atau di lokasi lain.

Konsep ini mewakili “New Logic of Work” yang menjadi pakem Logitech, yaitu merancang solusi teknologi yang dapat diakses oleh setiap individu di mana pun mereka berada.

Sebagai kamera yang didukung oleh teknologi AI, Logitech Sight menghadirkan perspektif alternatif dengan memperluas audio dan video ke ruangan yang lebih besar melalui integrasi dengan Rally Bar atau Rally Bar Mini yang terpasang di dalam ruang meeting.

BACA JUGA:  Gelar RUPS Tahunan 2020, Ini Susunan Direksi dan Komisaris XL Axiata

Dilengkapi dengan kamera ganda 4K dan tujuh mikrofon beamforming, Sight dapat merekam percakapan dan ekspresi nonverbal dengan detail yang sebenarnya. Ini secara efektif meningkatkan partisipasi dan keterlibatan karyawan dengan membantu peserta yang bekerja dari jarak jauh merasa seolah-olah mereka benar-benar hadir di meja rapat.

Dalam waktu dekat setelah peluncurannya, Sight akan memperkenalkan fitur RightSight dengan Smart Switching, yaitu kecerdasan adaptif yang memilih tampilan terbaik antara kamera meja dan kamera ruangan depan, secara intuitif beralih antara tampilan wajah dalam percakapan tatap muka dan melacak percakapan secara alami.

Sight juga kompatibel dengan platform konferensi video terkemuka seperti Microsoft Teams, Zoom, dan Google Meet, sehingga memungkinkan penggunaan fitur tata letak rapat yang mendukung kerja hybrid, seperti Zoom Smart Gallery dan Microsoft Teams.

Dengan dukungan untuk platform-platform populer ini, Sight memberikan kepastian kepada tim TI bahwa solusi ruang pintar mereka akan terus memenuhi kebutuhan tenaga kerja hybrid yang terus berkembang.

Selain itu, Logitech Sight menyediakan kemudahan pemasangan dengan dukungan dudukan yang tersedia dan manajemen kabel yang terintegrasi. Fitur-fitur ini sangat penting bagi tim TI yang ingin melengkapi ruang kolaborasi dengan cara yang fleksibel dan dapat diskalakan.

BACA JUGA:  Artugo Targetkan Chezt Freezer Terjual 20 Ribu Unit Sampai Akhir Tahun 2020

Pengelolaan kamera ini menjadi lebih mudah melalui Logitech Sync, software gratis yang memungkinkan pemantauan, pembaruan, dan pemecahan masalah perangkat melalui antarmuka berbasis cloud. Logitech Sight juga sepenuhnya kompatibel dengan Rally Bar dan Rally Bar Mini, sehingga tim TI dapat menggunakan teknologi baru ini dengan percaya diri pada video bar yang sudah ada.

“Kehadiran Sight tidak hanya meningkatkan fitur RightSight 2 Speaker View, tetapi juga dapat terintegrasi dengan Scribe, Rally Bar, dan Rally Bar Mini untuk membantu mengatasi salah satu tantangan yang paling mendesak dalam lingkungan kerja hibrida saat ini, yakni menciptakan pengalaman rapat yang setara bagi semua orang.

Dengan dukungan ini, Sight membantu memastikan bahwa rapat dapat dihadiri dengan cara yang sama oleh semua peserta, baik mereka yang berada di lokasi fisik maupun yang bekerja dari jarak jauh.

Logitech Sight akan tersedia secara global pada pertengahan tahun 2023 dengan harga retail sebesar Rp 40.160.000,” tambah Bayu Eko Susetio.(red/her)