Suaraterkini. Jakarta, Lions-  Club sebuah organisasi nirlaba yang memiliki motto “We Serve” melakukan gerakan aksi bersih-bersih yang dipusatkan di Taman Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta,  (21/9).

Aksi bersih-bersih ini juga dilakukan serentak di lima wilayah DKI Jakarta dalam rangka World Cleanup Day yang jatuh pada tanggal 15 September lalu.

Aksi bersih ini dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, KLHK RM Karliansyah, Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, Oswar Mungkasa, Walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, dan mitra bersih PT Chandra AsihPetrochemical dan PT Unilever Indonesia.

Gubernur Perkumpulan Lions Indonesia Distrik Lions Club 307 A-1, Anwar Budiman mengatakan di Indonesia sendiri pada tahun 2019 kegiatan ini dilaksanakan di 34 provinsi Indonesia secara serentak dengan melibatkan lebih dari 13 juta relawan dan merupakan Cleanup kedua.

“Diadakan di 5 wilayah DKI Jakarta ini melibatkan sebanyak 5.000 relawan,” katanya.

Kemudian ujarnya kegiatan dari aksi bersih ini adalah memungut sampah dan memilah sesuai dengan kategori yang ditetapkan. Hasil cleanup plastik yang dikumpulkan akan dikirim ke bank sampah untuk dipilih lagi dan didaur ulang agar menghasilkan zero waste,” tandasnya.

Walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengatakan ini merupakan kehormatan bagi wilayah Jakarta Utara karena kegiatan World Cleanup Day pusat diadakan di Jakarta Utara. Lanjutnya, Jakarta Utara merupakan sebagai wilayah yang paling lengkap berbeda dengan wilayah kota maupun kabupaten Kepulauan Seribu.

“Saatnya tidak hanya sampah diolah melainkan bagaimana mengubah perilkau dari masyarakat itu sendiri.  Kegiatan ini sangat bagus dan bisa dikolaborasikan  sebagai perilaku di masyarakat khususnya di Jakarta Utara,” ujarnya

Ia pun mengingatkan regulasi mengenai sampah telah ada yang penting bagaimana memberikan edukasi,  seperti yang dilakukan saat ini di tempat wisata sambil berwisata sekaligus bisa melakukan perubahan untuk lingkungan berkelanjutan.

Sementara itu Sancoyo Antarikso, Direktur Governance & Corporate Affair dan Corporate Secretary PT. Unilever Indonesia Tbk, mengatakan “Rinso memiliki purpose (tujuan mulia) untuk mendorong orang tua agar anak-anak mereka dapat bermain di luar ruanhgan tanpa takut kotor.

Sebagai bagian dari kampanye ‘Yuk Mulai Bijak Plastik’ yang diusung Rinso, pada hari ini kami berkolaborasi dengan World Cleanup Day Indonesia untuk turut serta dalam aksi bersih bersih terbesar di dunia.

“Kami percaya upaya kolektif akan bisa menginsiprasi masyarakat untuk terus menjaga alam Indonesia agar bersih dari sampah sehingga anak-anak bisa bermain dan belajar dengan leluasa di alam,” tandasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here