SUARATERKINI, Tanjungpandan – Bupati Belitung, Sahani Saleh, melantik dan mengambil sumpah 14 Kepala Desa (Kades) terpilih di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Belitung, Jl. Ahmad Yani, Tanjungpandan, Selasa (30/8).

Prosesi sakral yang sedianya dilaksanakan di eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Dukong tersebut dipindahkan ke Gedung Serba Guna karena faktor cuaca.

“Sebelumnya pelantikan akan dilakukan di TPA Dukong, karena ditempat itu akan banyak pesan moral yang akan disampaikan terkait tugas dan wewenang para kades, namun karena situasi dan kondisinya yang kurang memungkinkan karena musim hujan, kades terpilih dilantik di Gedung Serba Guna ini,” ujar Sanem, sapaan akrab Sahani Saleh, Selasa (30/8).

Bupati menambahkan, kepada para kades terpilih supaya mensyukuri amanah jabatan yang telah disandang. “Selamat kepada para kades terpilih dan semoga dapat menjalankan tugas untuk membangun desa lebih baik,” lanjutnya.

Menurutnya, kades terpilih harus mengikuti perkembangan yang ada, APBD Belitung saat ini 1,1 Trilyun, dan Belitung salah satu daerah yang terpilih sebagai Unesco Global Geopark (UGG), dan pada 7-9 September 2022 akan dilaksanakan kegiatan G20.

“Seluruh kades supaya mempersiapkan kebersihan, keindahan, dan keamanan di masing-masing desa, kades merupakan unsur pemerintah yang harus mendukung program pemerintah daerah dan para kades juga harus mengelola pemerintahan dan keuangan desa,” tambahnya.

Dia menyampaikan, bahwa saat ini kita harus bersama sama membangun dari bawah/pedesaan, hal-hal teknis lainnya yang belum jelas ditanyakan langsung kepada OPD terkait, dan harapannya kedepan Belitung masyarakatnya sejahtera dan makmur.

Berikut nama-nama kades yang dilantik:
* Kades Dukong: Min Tet
* Kades Buluh Tumbang: Riswan
* Kades Juru Seberang: Adriansyah
* Kades Air Selumar: Mahdani
* Kades Sungai Padang: Sukiman
* Kades Tanjung Binga: Tarmuzi
* Kades Batu Itam: Burman
* Kades Air Seruk: Prasastia Yoga
* Kades Perpat: Sukri
* Kades Air Batu Buding: Junaidi
* Kades Curucuk: Kusmadi
* Kades Pegantungan: Ahid
* Kades Badau: Irawan Sumantri
* Kades Sungai Samak: Alex Saputra. (wil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here